7 Perbedaan Open Trip dan Private Trip: Mana yang Lebih Cocok untukmu?

Setelah mempelajari pengertiannya, berikutnya kamu perlu tahu perbedaan open trip dan private trip. Simak 7 perbedaan antar keduanya di bawah ini!

1. Peserta

Perbedaan pertama yang mencolok adalah peserta. Open trip biasanya diatur oleh penyelenggara trip yang membuka kesempatan bagi siapa saja untuk bergabung tanpa batasan jumlah minimum peserta. 

Reservasi Custom Tour Harga Fleksibel

Bingung tidak ada paket wisata yang sesuai? Kamu bisa langsung melakukan reservasi cukup dengan menyebutkan jumlah peserta, durasi tour dan destinasi wisata yang kamu inginkan.

Hal ini membuat open trip menjadi solusi bagi kamu yang ingin berlibur tanpa harus membentuk grup sendiri. Peserta open trip seringkali berasal dari berbagai latar belakang dan belum saling mengenal satu sama lain sebelumnya.

Sebaliknya, private trip lebih eksklusif dengan jumlah peserta yang terbatas. Biasanya terdiri dari orang-orang yang sudah saling mengenal, seperti keluarga, teman, atau kolega. Private trip menawarkan keleluasaan bagi grup untuk menikmati waktu bersama tanpa kehadiran orang luar.

2. Privasi

Selanjutnya, perbedaan dari segi privasi. Tingkat privasi dalam open trip cenderung lebih rendah. Pasalnya, kamu harus berbagi ruang dan waktu dengan orang lain yang mungkin memiliki kebiasaan dan preferensi yang berbeda.

Privasi menjadi salah satu nilai jual dari private trip. Peserta bisa menikmati perjalanan dengan ruang yang lebih pribadi, baik itu saat di transportasi, penginapan, atau saat menjelajahi destinasi wisata.

3. Itinerary

Itinerary open trip umumnya sudah ditentukan oleh penyelenggara dan peserta harus mengikuti rencana yang telah disusun. Hal ini mungkin kurang cocok bagi kamu yang ingin fleksibilitas atau ingin menjelajah tempat yang tidak termasuk dalam agenda.

Dalam private trip, peserta memiliki kebebasan lebih untuk menyesuaikan itinerary sesuai dengan keinginan grup. Beberapa penyelenggara trip bahkan memungkinkan kustomisasi penuh, mulai dari destinasi, kegiatan, hingga tempat makan.

4. Fasilitas

Perbedaan open trip dan private trip selanjutnya adalah dari sisi fasilitasnya. Fasilitas dalam open trip biasanya bersifat standar dan dibagi bersama dengan peserta lain. Hal ini bisa mencakup akomodasi, transportasi, makanan, dan kegiatan yang telah ditentukan oleh penyelenggara.

Sementara fasilitas dalam private trip seringkali lebih fleksibel dan bisa kamu sesuaikan. Kamu sebagai peserta private trip bisa memilih tingkat kenyamanan dan eksklusivitas tertentu. Mulai dari akomodasi, kendaraan pribadi, destinasi wisata, hingga pilihan kuliner. 

5. Durasi Waktu Liburan

Selanjutnya, kamu bisa melihat perbedaan antara dua jenis paket wisata ini dari durasi waktu liburan. Durasi open trip biasanya sudah tetap dan tidak bisa kamu ubah karena harus mengikuti jadwal yang telah ditetapkan oleh penyelenggara trip.

Sebaliknya, private trip memberikan keleluasaan dalam menentukan durasi perjalanan. Kamu bersama grup bisa memutuskan berapa lama ingin menghabiskan waktu di satu destinasi atau secara keseluruhan. Jadi, momen liburan lebih memuaskan.

6. Harga

Beda open trip dan private trip berikutnya adalah terkait persoalan harga. Open trip umumnya menawarkan harga yang lebih terjangkau karena biaya perjalanan dibagi rata di antara semua peserta. Kondisi ini menjadikannya pilihan yang baik bagi kamu yang memiliki anggaran terbatas.

Nah, untuk biaya private trip cenderung lebih mahal karena biasanya melibatkan layanan yang lebih personal dan eksklusif. Namun, biaya ini bisa bervariasi tergantung pada tingkat kustomisasi yang diinginkan oleh grup.

7. Kecocokan

Berbicara tentang kecocokan, open trip cocok untuk individu atau wisatawan yang terbuka untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang baru serta tidak keberatan mengikuti rencana yang telah ditentukan.

Sementara itu, private trip lebih sesuai bagi kamu yang menginginkan perjalanan yang dapat dikontrol sepenuhnya, ingin privasi lebih, atau ingin menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat.

Sekarang kamu sudah tahu perbedaan open trip dan private trip dalam paket wisata. Ingin liburan impianmu menjadi kenyataan? Pilih paket wisata hemat dari WisatahHappy.com! Kami menawarkan beragam paket wisata menarik ke berbagai destinasi di Indonesia yang sesuai dengan budget kamu. Jangan tunda lagi! Wujudkan liburan impianmu bersama WisataHappy.com!