Tips Liburan
Tips Liburan

7 Tips Liburan agar Tetap Aman Selama Perjalanan

Tips liburan aman menjadi informasi penting yang perlu kamu tahu. Melepas penat dari rutinitas sehari-hari dan menjelajahi tempat baru adalah impian banyak orang. Tapi, tahukah kamu bahwa di balik keseruannya, berlibur juga menyimpan potensi bahaya jika tidak dipersiapkan dengan matang?

Tenang, tak perlu khawatir! Artikel ini akan membagikan 7 tips jitu untukmu, agar liburanmu tetap aman dan menyenangkan. Bayangkan betapa kecewanya kamu jika liburanmu terganggu karena masalah keamanan. 

Reservasi Custom Tour Harga Fleksibel

Bingung tidak ada paket wisata yang sesuai? Kamu bisa langsung melakukan reservasi cukup dengan menyebutkan jumlah peserta, durasi tour dan destinasi wisata yang kamu inginkan.

Yuk, simak tips-tips berikut agar kamu bisa berlibur dengan tenang dan membawa pulang kenangan indah!

1. Gunakan Outlet Listrik Sesuai dengan Peraturan dan Peruntukan

Sebelum meninggalkan rumah perjalanan panjang, pastikan kamu telah memastikan keamanan listrik di rumah. Langkah ini penting dilakukan untuk menghindari risiko korsleting atau kebakaran yang bisa terjadi saat tidak ada orang di rumah. 

Periksa kondisi kabel dan stop kontak. Di samping itu, pastikan tidak ada yang terkelupas atau rusak. Jika menemukan kabel yang rusak, segera ganti atau perbaiki. Sebagai langkah tambahan, melapor kepada tetangga atau RT setempat juga merupakan langkah yang bijak untuk memastikan keamanan rumah kamu selama perjalanan.

Pemakaian listrik yang melebihi daya listrik yang ada, juga bisa menimbulkan risiko kebakaran. Oleh karena itu, perhatikan daya listrik yang kamu gunakan dan pastikan pemakaian listrik sesuai dengan kapasitas yang ada. 

Selalu gunakan alat listrik sesuai dengan petunjuk dan peruntukannya untuk menghindari kemungkinan kecelakaan. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir meninggalkan rumah selama perjalanan liburan.

2. Pasang Seat Belt

Terdengar sepele, tetapi tips travelling yang kedua ini memiliki peran penting. Keselamatan dalam berkendara adalah prioritas utama. Safety belt atau sabuk pengaman bukan sekadar aksesoris, melainkan perangkat keselamatan yang sangat penting dan diwajibkan oleh hukum. Dalam setiap perjalanan, selalu pastikan kamu dan semua penumpang mengenakan seat belt. Sabuk pengaman terbukti dapat menyelamatkan nyawa dalam kasus kecelakaan. Demi keamanan selama perjalanan menuju destinasi liburan, pastikan kamu maupun penumpang lainnya sudah memakai seat belt

3. Jangan Memperlihatkan Barang Berharga yang Mencolok

Saat bepergian, terutama ke tempat-tempat yang ramai, hindari memperlihatkan barang berharga yang mencolok. Memperlihatkan barang berharga di tempat umum seperti objek wisata, dapat menarik perhatian orang yang tidak bertanggung jawab dan meningkatkan risiko kehilangan atau pencurian.

Sebaiknya, kamu membatasi jumlah barang berharga yang dibawa. Selain itu, gunakan tas yang tidak mencolok untuk menyimpan barang-barang tersebut. Tetaplah waspada dan hati-hati terhadap barang bawaan kamu selama liburan.

4. Jangan Tinggalkan Barang Berharga di Kendaraan

Tips liburan aman yang selanjutnya adalah tidak meninggalkan barang berharga di kendaraan. Namun sayangnya, hal ini menjadi salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan oleh traveler. Padahal, meninggalkan barang berharga di kendaraan adalah undangan terbuka bagi pencuri. 

Selalu bawa barang berharga kamu atau simpan di tempat yang aman seperti safe deposit box hotel atau penginapan lainnya saat kamu tidak bisa membawanya. Dengan tidak meninggalkan barang berharga di kendaraan, kamu dapat menikmati liburan tanpa cemas akan keamanan barang tersebut.

5. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Di era digital ini, memang praktis membawa kartu debit atau kredit. Tapi, tak ada salahnya membawa uang tunai secukupnya untuk berjaga-jaga. Siapa tahu, di tempat wisata yang kamu kunjungi tidak menerima pembayaran non-tunai. 

Selain itu, uang tunai juga berguna untuk bertransaksi di warung-warung kecil atau memberi tip kepada pemandu wisata. Jangan sampai, liburanmu menjadi terganggu karena kesulitan melakukan transaksi tunai. Jadi, pastikan kamu membawa uang tunai secukupnya ya!

6. Membawa Obat-obatan yang Diperlukan

Tips liburan yang selanjutnya ini sering dilupakan. Padahal, kesehatan adalah prioritas utama yang mendukung pengalaman liburan agar menyenangkan. 

Membawa obat-obatan pribadi, seperti obat flu, obat diare, dan obat alergi, adalah hal yang wajib. Apalagi jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu, pastikan membawa obat-obatan yang kamu perlukan sesuai resep dokter. Jangan lupa juga membawa obat-obatan umum seperti paracetamol dan salep luka.

7. Pilih Kendaraan yang Tepat

Tips liburan aman yang terakhir adalah memilih kendaraan yang tepat. Jika kamu berencana menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima dan siap untuk menempuh perjalanan jauh. Periksa kembali kondisi ban, oli, rem, dan air radiator. 

Sementara kalau kamu ingin menyewa kendaraan, pilihlah perusahaan penyewaan yang terpercaya dan pastikan kendaraan dalam kondisi baik. Kamu bisa menggunakan layanan sewa bus pariwisata dari WisataHappy.com. 

Selain harga sewa yang terjangkau, kami juga memiliki beragam jenis unit bus dengan fasilitas memadai serta sopir dan kru yang berpengalaman. Dengan pelayanan yang prima, kamu bisa merasakan perjalanan yang aman.

Melakukan perjalanan memang menyenangkan, tetapi jangan sampai kelalaian dalam hal keamanan merusak pengalamanmu. Dengan tips liburan aman ini, semoga kamu dapat merencanakan perjalanan liburan yang tepat. 

Di samping itu, kamu bisa menikmati perjalanan dengan tenang dan kembali dengan kenangan indah tanpa insiden yang tidak diinginkan. Hubungi WisataHappy.com sekarang dan nikmati liburan yang tetap aman!