Kembang Api Malam Tahun Baru Jogja
Kembang Api Malam Tahun Baru Jogja

25 Tempat Pesta Kembang Api Malam Tahun Baru 2024 di Jogja

Merayakan tahun baru tentu sangat melekat dengan budaya pesta kembang api. Untuk itu WisataHappy akan memberikan referensi dan rekomendasi tempat nonton kembang api di pesta malam tahun baru 2024 khusus kamu yang berada di Jogja.

Kami akan merangkum beberapa lokasi perayaan malam tahun baru yang bisa diakses secara gratis hingga yang berbayar. Termasuk dengan gambaran lokasi sehingga kamu tidak kaget dengan keramaian yang terjadi pada titik kumpul tertentu.

Reservasi Custom Tour Harga Fleksibel

Bingung tidak ada paket wisata yang sesuai? Kamu bisa langsung melakukan reservasi cukup dengan menyebutkan jumlah peserta, durasi tour dan destinasi wisata yang kamu inginkan.

Berikut 25 daftar tempat yang bisa kamu datangi untuk nonton pesta kembang api dan atraksi lainnya pada malam pergantian tahun baru 2024:

Tugu Jogja

Tugu Jogja atau Tugu Pal Putih merupakan lokasi utama masyarakat untuk merayakan pergantian malam tahun baru ataupun untuk menikmati atraksi kembang api. Tugu Jogja juga merupakan tempat nonton kembang api favorit karena rutin diadakan setiap tahun.

Selain gratis alasan WisataHappy sangat menyarankan kamu untuk kesini karena pada titik tertentu akan ada kembang api yang memang dipersiapkan oleh panitia atau EO. Sehingga kamu bukan melihat kembang api biasa melainkan atraksi kembang api terpusat yang biasanya berdurasi lebih dari 5 menit. Sehingga kamu bisa berfoto di Tugu Jogja dengan background kembang api yang meriah.

Bagi kalian yang belum pernah merayakan malam tahun baru di Tugu Jogja sangat kami sarankan untuk sampai di lokasi parkir yang telah ditentukan sebelum pukul 9 malam. Hal ini karena akan ada rekayasa lalu lintas di kawasan Tugu.

Dengan datang lebih awal kamu juga bisa mengamankan spot yang pas untuk mengabadikan momen pergantian tahun baru.

Yang terpenting jangan lupa membawa alas duduk dan payung ataupun mantel. Untuk urusan perut akan banyak sekali pedagang yang akan menawarkan camilan.

Titik Nol Jogja – Malioboro

Alternatif lain yang bisa kamu kunjungi dan tidak jauh dari Tugu Jogja untuk melihat kembang api adalah kawasan Titik Nol – Malioboro. Sama seperti pesta kembang api di Tugu Jogja, rangkaian kembang api di Titik Nol biasanya juga menggunakan EO sehingga menyuguhkan atraksi kembang api yang spektakuler.

Hal yang perlu diingat jika kamu igin nonton kembang api di Titik Nol adalah kamu harus datang lebih awal untuk mendapatkan tempat duduk yang ideal karena spot terbaik untuk melihat kembang api di sini adalah dari sisi utara jalan atau dari monumen Serangan Umum 1 Maret.

Alun-alun Kidul

Masih tidak jauh dari pusat kota, lokasi selanjutnya adalah Alun-alun Kidul Kraton Yogyakarta. Mengapa bukan Alun-alun utara? Karena kemungkinan area alun-alun utara akan clear dari nyala kembang api mengingat sekarang masyarakat sudah tidak bisa masuk ke dalam alun-alun. Akan kami berikan update jika WisataHappy mendapatkan kabar terbaru.

Sedikit berbeda dengan perayaan malam tahun baru di kawasan Tugu Jogja dan Titik Nol, pesta kembang api di sini lebih ke swadaya pengunjung.

Stadion Mandala Krida

Rekomendasi tempat untuk nonton pesta kembang api di Kota Yogyakarta adalah Stadion Mandala Krida. Berada di timur Titik Nol Jogja maka akses ke sini tidak terlalu jauh dan sangat dekat.

Saat berada di Stadion Mandala Krida kamu bisa ikut berpartisipasi menyalakan kembang api secara mandiri lebih aman karena terdapat area parkir yang bebas dari kabel listrik ataupun kabel fiber optik.

Walaupun begitu kamu harus tetap berhati-hati dan membaca petunjuk menyalakan kembang api yang aman ya.

Kaliurang

Bergeser jauh dari pusat kota, kamu bisa menikmati malam tahun baru di kawasan Kaliurang yang berada di Kabupaten Sleman. Berada di ketinggian lembah Gunung Merapi tentunya kamu juga mengenakan pakaian yang hangat.

Kamu bisa menyaksikan pesta kembang api di area terbuka seperti taman Kaliurang atau Telaga Putri.

Untuk dapat sampai ke kawasan Kaliurang kamu harus membayar retribusi di TPR karena Kaliurang adalah kawasan wisata.

Stadion Maguwoharjo

Kabupaten Sleman yang luas memang memiliki area terbuka yang lebih banyak daripada Kota Yogyakarta. Salah satu stadion bola yang rutin ada pesta kembang api adalah Stadion Maguwoharjo.

Dibandingkan dengan Stadion Mandala Krida maka stadion ini lebih luas untuk berkumpul. Terlebih WisataHappy sudah mengkonfirmasi jika di Stadion Maguwoharjo terdapat pasar malam di tanah lapang sisi timur pintu masuk.

Lebih serunya kegiatan pasar malam tersebut terdapat EO yang mengatur sehingga akan ada atraksi kemabang api yang meriah.

Taman Denggung

Jika kamu berada di Kabupaten Sleman bagian utara maka kamu bisa mendatangi Taman Denggung untuk menikmati pesta kembang api dan pergantian malam tahun baru 2024.

Terlebih jika kamu datang lebih awal, kamu bisa bersantai sejenak dengan berbelanja di mall Sleman City Hall yang berada tepat di seberang lapangan Denggung.

Tebing Breksi

Tebing Breksi berada di Kabupaten Sleman sebelah timur, sehingga kamu yang berada di Jogja sebelah timur sangat direkomendasikan menikmati malam pergantian tahun baru di sini sembali menikmati pesta kembang api.

Ada beberapa alasan mengapa Tebing Breksi menjadi spot yang strategis untuk menghabiskan waktu pergantian tahun:

  • Terletak di perbukitan sehingga kamu bisa melihat seluruh cahaya lampu malam kota Jogja dari ketinggian
  • Dari ketinggian kamu bisa melihat seluruh atraksi kembang api yang sedang berlangsung
  • Kamu bisa berfoto dengan background cahaya lampu malam Kota Jogja beserta kembang api yang indah

Sedangkan di sekitar Tebing Breksi juga terdapat spot lain seperti Candi Ijo dan Watu Langit.

Candi Prambanan

Sedangkan jika kamu ingin menghabiskan waktu malam pergantian tahun dengan melihat konser hingga sendratari Ramayana maka kamu bisa membeli tiket rangkaian acara ke Candi Prambanan.

Tentu saja kamu akan mendapatkan atraksi kembang api eksklusif pada acara yang diselenggarakan di Candi Prambanan.

Obelix Hills

Salah satu spot untuk melihat sunset terbaik di Kabupaten Sleman, Obelix Hills juga bisa menjadi tempat untuk menghabiskan waktu penghujung tahun 2023. Pada ketinggian ini kamu bisa melihat kembang api dengan lebih cantik.

Dengan beberapa spot foto terbaik kamu bisa mengabadikan sunset sekaligus foto dengan background kembang api yang cantik.

Jogja Expo Center (JEC)

Sedangkan jika kamu berada di Kota Jogja bagian timur atau sekitar Lanud Adisucipto kamu bisa mencoba untuk merayakan malam tahun baru di JEC.

Biasanya masyarakat berkumpul dan menyalakan kembang api dengan meriah.

Puncak Sosok

Kemudian kita pindah ke Kabupaten Bantul, spot pertama yang WisataHappy rekomendasikan adalah Puncak Sosok. Berada di perbukitan membuat Puncak Sosok sangat ideal untuk menikmati atraksi kembang api.

Sangat disarankan untuk datang ke Puncak Sosok sebelum jam 5 sore agar kamu bisa menikmati sunset terakhir di tahun 2023 sembari menikmati live music dan hidangan yang dijual seperti jagung bakar hingga minuman.

Stadion Sultan Agung

Alternatif jika kamu ingin menyalakan kembang api namun terbebas dari gangguan kabel adalah Stadion Sultan Agung.

Dengan area parkir yang luas dan sudah beraspal nantinya akan lebih mudah untuk mencari tempat duduk dan cukup dengan alas tikar.

Pastinya nanti akan banyak juga masyarakat sekitar yang menjajakan kuliner ataupun kembang api di area stadion.

Alun-alun Paseban

Berada di pusat Kabupaten Bantul tentunya Alun-alun Paseban akan menjadi magnet dan titik kumpul utama masyarakat Bantul untuk menikmati malam pergantian tahun baru 2024 dan pesta kembang api.

Terlebih jika kamu datang lebih awal bisa menikmati jajanan lokal seperti angkringan termasuk wedang ronde di malam hari untuk menghangatkan tubuh.

Pantai Parangtritis

Salah satu pantai yang terkenal sebagai destinasi wisata di Jogja yaitu Pantai Parangtritis tidak lepas dari daftar rekomendasi untuk menghabiskan waktu malam pergantian tahun.

Pantai Parangtritis memiliki garis pantai yang terbilang cukup panjang sehingga kamu bisa memilih spot yang dirasa bisa melihat kembang api dengan cantik.

Karena Pantai Parangtritis merupakan salah satu spot favorit untuk merayakan malam tahun baru maka sangat WisataHappy sarankan agar kamu datang lebih awal sebelum jam 19.00 untuk menghindari kemacetan saat memasuki TPR hingga mencari tempat parkir yang aksesnya mudah.

Obelix Sea View

Merupakan destinasi baru yang baru saja diresmikan pada bulan Agustus 2023 lalu dan menjadi salah satu tempat untuk menikmati sunset terbaik di Jogja.

Salah satu keuntungan apabila kamu berkunjung ke Obelix Sea View adalah kamu juga mendapatkan view garis Pantai Parangtritis. Dengan begitu kamu juga bisa menikmati kembang api yang dinyalakan di sepanjang pantai selain menikmati kembang api yang dinyalakan langsung dari venue Obelix Sea View.

Poin tambah yang menarik adalah kamu juga bisa sekaligus romantic dinner di Obelix Sea View sembari menunggu pergantian tahun baru.

Pantai Depok

Jika kamu merasa Pantai Parangtritis akan sangat padat merayap maka kamu bisa beralih destinasi ke Pantai Depok yang berada di sisi barat Pantai Parangtritis.

Kelebihan Pantai Depok adalah memiliki 3 spot yang bisa menjadi tempatmu untuk menikmati pesta kembang api hingga hiburan, yaitu Landasan Pacu Pantai Depok, garis pantai, dan Laguna Depok dengan view Jembatan Kretek 2.

Beruntungnya Laguna Depok terdapat tempat parkir yang luas dan food court. Jadi kamu bisa lebih tenang dalam menanti malam pergantian tahun baru.

WisataHappy belum mendapatkan informasi mengenai kegiatan resmi dari dinas terkait di area Pantai Depok, apabila nanti terdapat informasi resmi maka akan kami update dengan segera.

Bukit Bintang Hargodumilah

Jika kamu ingin berwisata ke daerah Kabupaten Gunungkidul kamu pasti akan melewati Bukit Bintang Hargodumilah karena tempat ini berada persis di Jalan Jogja-Wonosari.

Mulai dari Bukit Bintang Hargodumilah masyarakat sudah akan menyebut istilah “Jogja Lantai Dua” karena identitas Kabupaten Gunungkidul yang memang berada di ketinggian yang lebih dibandingkan dengan Kota Yogyakarta secara geografis.

Kamu bisa menikmati berbagai macam hidangan yang ditawarkan oleh rumah makan dan pedagang asongan yang ada disini.

Dengan pemandangan sunset dan cahaya lampu Kota Jogja pada malam hari tentu akan terlihat lebih indah ketika kembang api di seluruh Jogja sudah dinyalakan.

HeHa Sky View

Memiliki posisi lebih tinggi daripada Bukit Bintang maka HeHa Sky View akan lebih luas dalam melihat Jogja dari ketinggian sehingga kamu bisa nonton araksi kembang api malam tahun baru lebih luas.

Terlebih HeHa Sky View juga tergolong lokasi yang sangat strategis dan proper untuk bersantai dengan banyak spot foto yang disediakan.

Jangan lupa siapkan uang jajan yang lebih jika kamu ingin berkunjung kesini karena terdapat biaya masuk serta biaya sewa spot foto.

Watu Amben

Berada di selatan HeHa Sky View, wisata Watu Amben akan menjadi alternatif yang WisataHappy rekomendasikan. Jika kamu hanya mencari kuliner dan pemandangan Kota Jogja dari ketinggian maka Watu Amben adalah tempat yang cocok.

Dengan pengembangan yang tepat, sekarang wisata Watu Amben memiliki banyak sekali pilihan tempat makan dan bersantai. Karena berdekatan dengan Heha Sky View maka kamu juga masih mendapatkan pemandangan kembang api yang sama.

HeHa Ocean View

Langsung menuju ke view garis pantai Kabupaten Gunungkidul salah satunya adalah HeHa Ocean View.

Sama seperti HeHa Sky View kamu harus mengeluarkan biaya ekstra untuk tiket masuk dan sewa spot foto.

Tapi kamu juga bisa reservasi langsung ke pihak venue dengan paket yang mereka tawarkan. Tentunya kamu akan mendapatkan pemandangan atraksi kembang api yang ekslusif disini.

Alun-alun Wonosari

Berada di pusat Kabupaten Gunungkidul tentunya Alun-alun Wonosari akan dipadati oleh masyarakat.

Selain atraksi kembang api pada malam tahun baru di Alun-alun Wonosari juga diadakan pertunjukan seni hingga hiburan yang diselenggarakan oleh pemda terkait.

Alun-alun Wates

Berpindah ke Kabupaten Kulonprogo, opsi tempat untuk menikmati pesta kembang api yang terdekat adalah Alun-alun Wates.

Mirip seperti wilayah lain, kamu bisa menyalakan kembang api dengan mandiri selain menikmati atraksi kembang api yang telah disiapkan.

Waduk Sermo

Lokasi yang bisa menjadi alternatif lain di Kulonprogo adalah Waduk Sermo. Masyarakat akan memadati jalan sepanjang waduk dan menyalakan kembang api.

Terlebih pada malam tahun baru 2023 pemda Kulonprogo memusatkan pesta di area Waduk Sermo sehingga sangat meriah.

Pantai Glagah

Menuju garis pantai di Kulonprogo, pergantian malam tahun baru 2024 akan dipusatkan di Pantai Glagah. Sudah terkonfirmasi dari informasi yang WisataHappy dapatkan dari berbagai sumber.

Saat ini pemda masih berkoordinasi dengan pihak bandara agar kegiatan atraksi kembang api tidak mengganggu penerbangan pesawat serta keamanan bandara.

Rencananya akan diadakan kegiatan yang meriah yang kemungkinan seperti hiburan rakyat, pentas seni hingga pasar malam.

Itulah rekomendasi tempat untuk merayakan pergantian malam tahun baru 2024 sekaligus melihat kembang api di Jogja yang bisa kamu jadikan referensi wisata.

WisataHappy juga mengingatkan agar kamu tetap mengikuti peraturan yang berlaku di semua lokasi kegiatan.

Termasuk ketika kamu ingin menyalakan kembang api sendiri pastikan kamu sudah membaca petunjuk yang aman dalam menyalakan kembang api sesuai dengan jenisnya.

FYI, WisataHappy juga bisa membantumu untuk mendapatkan venue terbaik dengan paket tour Jogja khusus untuk malam tahun baru lo. Salam, selamat memeriahkan malam pergantian tahun baru 2024!