Museum Sonobudoyo: Daya Tarik Koleksi Hingga Pertunjukan Seni

Museum, penjaga diam warisan budaya kita, menyimpan cerita masa lalu dalam dinding-dindingnya. Salah satu permata tersebut yaitu Museum Sonobudoyo, tempatnya di salah satu kota besar Indonesia, yaitu pusat kota Jogja. Museum yang unik ini menjadi tempat koleksi artefak tradisional dari budaya Jawa dan sekitarnya. Perlu Anda ketahui, bangunan museum yang unik ini terdiri dari 2 bangunan yaitu Museum Sonobudoyo unit 1 dan unit 2.

Museum Jogja tersebut memiliki koleksi terlengkap koleksinya tentang budaya di Pulau Jawa dan sekitarnya setelah museum terlengkap se-Indonesia di Jakarta. Setiap item menceritakan kisah, menguraikan tapestri budaya di nusantara. Tempat unik di Jogja ini mempertontonkan benda unik dan langka peninggalan bersejarah, menampilkan keragaman wilayah Jawa dan sekitarnya. Nah, dalam artikel ini Anda akan mendapatkan berbagai informasi bermanfaat sebagai referensi wisata Jogja ke museum budaya terlengkap di Kota Gudeg.

Reservasi Custom Tour Harga Fleksibel

Bingung tidak ada paket wisata yang sesuai? Kamu bisa langsung melakukan reservasi cukup dengan menyebutkan jumlah peserta, durasi tour dan destinasi wisata yang kamu inginkan.

Ringkasan Wisata Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Alamat Museum Sonobudoyo

Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122 (Google Maps)

Jam Operasional Museum Sonobudoyo

Buka hari Selasa-Minggu, hari Senin tutup.

Buka pukul 08.00-21.00 WIB

Jadwal Pertunjukan Kebudayaan

Buka hari Selasa-Sabtu

Buka pukul 08.00-21.00 WIB

Pertunjukan ini berbeda-beda setiap harinya seperti wayang kulit, wayang orang, atau wayang topeng. Anda bisa mengunjungi website resmi Sonobudoyo untuk cek harinya.

Jam Operasional Bioskop Museum Sonobudoyo

Buka hari Selasa-Sabtu

Buka pukul 16.00-20.00 WIB

Jam Operasional Perpustakaan Museum Sonobudoyo

Buka hari Senin-Jumat

Buka pukul 08.00-16.00 WIB

Namun khusus Jumat, waktu tutup lebih awal, yaitu jam setengah 15.00 WIB.

Jam Operasional Kantor Pelayanan Museum Sonobudoyo

Pelayanan museum juga buka seperti hari kerja yaitu mulai dari Hari Senin sampai Hari Kamis dari jam 08.00 WIB sampai jam 16.00 WIB.  Sama seperti perpustakaan, Jumat tutup lebih awal pada jam 15.00 WIB.

Harga Tiket Museum Sonobudoyo

Anak-anak: Rp5.000

Dewasa: Rp10.000

Mancanegara: Rp20.000

Fasilitas

Toilet

Area Parkir

Ramah Difabel

Musholla

Medical Center

Auditorium 

Lift

Pemandu Wisata

Penitipan Barang

Pusat Informasi

Sejarah Museum Sonobudoyo

Sejarah Museum Sonobudoyo memiliki sejarah yang panjang. Namun, Anda tidak perlu khawatir, di bawah Anda bisa mengetahui secara singkat di sini.

Sebelum Kemerdekaan

Awalnya terdapat yayasan budaya yang disebut Java Instituut yang berdiri di tahun 1919. Yayasan ini bertujuan untuk mewadahi berbagai hal tentang kultur Jawa dan sekitarnya. Lambat laun, Pada tahun 1924 diputuskan untuk mendirikan Museum Sonobudoyo. Pendirian museum ini berguna untuk mengumpulkan berbagai hal tentang kebiasaan maupun adat istiadat dari Jawa dan sekitarnya. Adat istiadat maupun kebiasaan ini tentunya termasuk kultur di sekitar Jawa.

Bangunannya sendiri donasi Sultan Hamengkubuwono VIII yang berupa sebidang tanah, istilah tanah tersebut adalah “Schauten”. Diawali dengan sengkalan 1934 Masehi, sengkala ini dijadikan sebagai tanda dirintisnya pembangunan bangunan tersebut. Lebih lanjut lagi, sengkala berikutnya sebagai pengesahan (6 November 1935) bangunan tersebut. 

Sesudah Kemerdekaan

Pemerintah pusat atau dinas pemerintah terkait mengelola tempat koleksi terlengkap kedua di Indonesia ini (1974). Dinas pemerintah ini mendapat tugas langsung dari Direktorat Jenderal terkait. 

Mulai Januari 2001, Pemerintah Jogja mengelola Museum Sonobudoyo. Seiring berjalannya waktu, museum terlengkap kedua di Indonesia ini bergabung ke dalam UPTD daerah setempat yaitu Yogyakarta. Hal ini karena adanya peraturan yang mengesahkan otonomi daerah sehingga Museum Sonobudoyo Jogja berada di bawah kelola pemerintah Yogyakarta. Sejarah Museum Sonobudoyo memang cukup panjang. Seiring berjalannya waktu. Anda bisa melihat keindahan adat istiadat atau kebiasaan dari daerah Jawa dan sekitarnya.

Daya Tarik Museum Sonobudoyo

Bagi Anda ingin berwisata yang bersejarah seperti Museum Sonobudoyo Jogja, simak beberapa daya tarik yang hanya ada di museum ini.

Benda Peninggalan Sejarah dan Peninggalan Budaya yang Terlengkap

Anda tidak akan rugi ketika berjalan-jalan di dalam Museum Sonobudoyo Jogja. Anda akan menemukan berbagai peninggalan sejarah kultur daerah sekitar bahkan pulau sekitarnya yang paling lengkap. Daya tarik Museum Sonobudoyo memang berfokus pada peninggalan terlengkap dan tentunya banyak sekali.

Benda bersejarah ini tentu dapat Anda lihat dan pelajari di Museum Sonobudoyo unit 1. Peninggalan bersejarah ini di dalamnya meliputi kategori Numismatika, Keramologika, Etnografi, Filologika, dan peninggalan purbakala. Ada lebih dari 700 benda Etnografi, peninggalan Arkeologi memiliki 445 benda bersejarah, koleksi Numismatika memiliki 14 koleksi, ada 7 koleksi Keramologika, dan koleksi Filologika ada 3.

Museum Sonobudoyo unit 2 juga memiliki berbagai benda bersejarah yang tidak kalah menarik. Peninggalan bersejarah tersebut seperti benda Geologika sebanyak 38 buah, peninggalan dalam kategori Biologika sebanyak 31 buah, benda dalam kategori Etnografika sebanyak 304. Ada juga peninggalan bersejarah dalam kategori Numismatika sebanyak 147 buah, peninggalan dalam kategori Filologika sebanyak 12 buah, dan barang antik kategori seni rupa sebanyak 161 buah.

Selain itu, Jika Anda tertarik dalam mengetahui sejarah persebaran Hindu – Budha dan budaya Anda bisa mengunjungi museum ini. Banyak karya seni sejarah yang bisa Anda temukan di sini. Anda juga bisa menemukan berbagai berbagai macam karya seni dari bahan daur ulang, kayu, perak, dan logam. Bahkan, Anda bisa menemukan mainan anak jaman dulu, peninggalan prasejarah, hingga benda peninggalan warisan budaya Bali, Lombok, dan Madura.

Berbagai Pameran dan Event di Museum Sonobudoyo

Salah satu daya tarik Museum Sonobudoyo yang utama adalah persembahan seni dan pertunjukan seni budaya yang rutin diadakan. Anda bisa melihat berbagai pementasan seni contohnya seperti pagelaran wayang kulit yang khas dengan dalangnya.

Selain itu, ada juga Pagelaran Wayang Topeng Panji, Pagelaran Wayang Orang, Bioskop Museum Sonobudoyo, dan Perpustakaan Sonobudoyo. Untuk event-event ini merupakan event budaya yang rutin diadakan oleh museum. Jadi setiap hari Anda bisa menikmati event-event tersebut.

Nah, ada juga event-event atau pameran di luar jadwal rutin museum ini. Mulai dari pameran seni kontemporer sampai event seni lainnya. Bahkan, ada juga event-event yang diadakan oleh para seniman lokal Yogyakarta. Anda bisa update informasi-informasi tentang event ini di media sosial Museum Sonobudoyo.

Melalui fitur-fitur unik ini, Sonobudoyo membuka pintu ke keunikan budaya Indonesia. Setiap sudut museum mencerminkan kekayaan dan keindahan warisan yang tidak hanya dilihat, tetapi juga dirasakan oleh setiap pengunjung. Keunikan ini menjadikan Sonobudoyo lebih dari sekadar museum; itu adalah pengalaman budaya yang hidup dan mempesona.

Tips Mengunjungi Museum Sonobudoyo

  1. Pastikan Anda dan lainnya harus dalam keadaan sehat karena museum ini cukup luas untuk dikunjungi.
  2. Jika Anda ingin mengunjungi museum, waktu yang paling direkomendasikan adalah pagi hari sampai menjelang sore.
  3. Sore hari sampai malam hari menjadi waktu yang paling direkomendasikan untuk melihat pentas seni.
  4. Ikuti aturan-aturan museum. Hal ini untuk menjaga benda-benda penting museum tetap terjaga agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
  5. Jika Anda bawa tas yang cukup besar, sebaiknya Anda titipkan di tempat penitipan barang.
  6. Anda boleh membawa ponsel atau kamera karena ada spot foto yang menarik untuk Anda ambil. 
  7. Akses menuju venue sangat mudah bahkan cukup berjalan menuju selatan jika kamu berada di Tugu Jogja.

Nah, itu dia berbagai informasi menarik serta bermanfaat untuk Anda tentang Museum terbesar di Jogja. Anda dapat mengunjungi tempat ini dan tempat-tempat eksotis di Yogyakarta bersama kami. Travel bersama kami WisataHappy.