Tebing Breksi Jogja
Tebing Breksi Jogja

Tebing Breksi Jogja: Pesona Batuan yang Mempesona

Keindahan alam Tebing Breksi dengan tebing batuan breksi tak hanya memukau serta unik saja. Wisata tebing tersebut menyimpan keberagaman sejarah serta nilai estetika bagi setiap orang sesudah dari sini. Yogyakarta menjadi tempatnya tebing unik ini. Tebing ini menjadi magnet bagi penggemar petualangan dan pecinta alam.

Mari kita kulik lebih dalam mengenai sejarah, keunikan serta beberapa tips liburan ke tebing breksi, agar kamu bisa memaksimalkan liburan kamu di Tebing Breksi. Artikel ini akan mengupas keunikan-keunikan Tebing Breksi serta kenapa membuatnya tidak ada duanya dan masuk ke dalam wisata yang wajib untuk kamu kunjungi ketika sedang liburan di Jogja.

Reservasi Custom Tour Harga Fleksibel

Bingung tidak ada paket wisata yang sesuai? Kamu bisa langsung melakukan reservasi cukup dengan menyebutkan jumlah peserta, durasi tour dan destinasi wisata yang kamu inginkan.

Ringkasan Wisata Tebing Breksi Jogja

Alamat Jalan Tebing Breksi Jogja

Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572

Tebing Breksi Jogja berada di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Jadi tempat wisata tersebut tidak jauh dari wisata-wisata unik lainnya di Prambanan. Contohnya seperti objek sejarah Candi Ijo, Watu Payung, Candi Ratu Boko, Candi Prambanan, serta masih banyak lagi. Gunakan maps Anda dan klik link ini jika ingin mendapatkan lokasinya.

Jam Operasional Tebing Breksi Jogja

Buka hari Setiap Hari

Buka pukul 06:00- 21:00 WIB

Harga Tiket Tebing Breksi Jogja

Harga Tiket Masuk Warga Lokal: Rp. 10.000

Harga Tiket Masuk Warga Asing: Rp. 20.000

Biaya Parkir Motor: Rp. 3000

Biaya Parkir Mobil: Rp. 5.000

Camping area (termasuk api unggun): Rp 50. 000

Biaya masuk tersebut tentu tidak termasuk biaya lainnya seperti penyewaan jeep, villa, dan sebagainya. Biasanya harga penyewaan jeep berkisar tiga ratus ribu sampai enam ratus ribu. Jika Anda ingin bermalam di sini, Anda bisa membuat tenda maupun menyewa homestay di sekitar.

Fasilitas

Toilet

Area Parkir

Musholla

Pemandu Wisata

Pusat Informasi

Panggung Pertunjukan

Cafe

Camping Area

Jeep

Food Court

Sejarah Tebing Breksi Jogja, dari Lokasi Pertambangan sampai Jadi Wisata Ikonik

Sejarah Tebing Breksi dimulai paling awal yaitu proses geologis alamiah yang membentuknya, tentunya dimulai jutaan tahun lalu. Area geologis tersebut terbentuk dari endapan piroklastik atau biasanya abu piroklastik dan kemudian mengendap, menciptakan struktur batuan vulkanik langka. Riset dilakukan menghasilkan temuan bahwa tebing batuan breksi tersebut adalah endapan piroklastik gunung Nglanggeran di masa lalu.

Dalam sejarah Tebing Breksi tersebut, pada awalnya manusia mulai memainkan peran penting. Tebing Breksi menjadi sumber kehidupan masyarakat sekitarnya. Tebing tersebut mungkin mengalami tantangan terkait eksploitasi SDA terutama bebatuan langkanya. Hal tersebut karena bebatuan breksi tersebut memiliki nilai untuk dijual. 

Berjalannya waktu, ilmuwan gabungan dari ITB serta UPN melakukan penelitian bebatuan di tempat tersebut. Hasil penelitian menemukan ternyata bebatuan yang ada di Tebing Breksi berada dalam jenis batuan langka tuff atau breksi. Sehingga area tersebut diresmikan tahun 2014 menjadi geoheritage atau warisan geologi di Yogyakarta.

Maka, masyarakat di sekitar mulai mengalihkan tujuan eksploitasi tersebut berubah jadi wisata atau rekreasi yang kreatif. Pahatan batu yang menghipnotis serta penuh cerita menjadi hasil kreativitas dari masyarakat dan seniman lokal. Ditambah dengan adanya media sosial, lambat laun Tebing Breksi banyak pengunjungnya sehingga ini menjadi tempat wisata unggulan sekitar.

Magnet Penarik Wisata Tebing Breksi Jogja

Wisata Tebing Breksi bukan sekadar tebing membentuk lanskap menakjubkan. Keunikan serta kemegahan Tebing Breksi tersebut selalu mengundang decak kagum. Bahkan formasi batuan unik ini mengajak kita untuk merenung tentang kebesaran alam yang perlu dijaga bersama.

1. Kemegahan Formasi Bebatuan Vulkanik yang Langka

Magnet penarik utama Tebing Breksi sehingga tak dapat diabaikan adalah kemegahan bentuk batuannya. Bebatuan langka tersebut mulanya terbentuk berasal dari endapan piroklastik dan mengkristal selama berabad-abad. Endapan tersebut menciptakan pola serta tekstur yang unik. Warnanya juga bervariasi, seperti putih, krem, hingga coklat, menciptakan lanskap memukau serta mengundang decak kagum.

2. Keberagaman Ukiran di Tebing dari Seniman

Tebing Breksi tidak hanya menghadirkan bentuk batuan vulkanik langka, namun juga menampilkan keberagaman bentuk serta ukiran dari para seniman. Seperti kita ketahui, kegiatan penambangan tidak boleh dilakukan namun masih bisa diolah areanya. Sehingga masyarakat sekitar beserta seniman-seniman lokal inisiatif menciptakan berbagai bentuk ukiran pada dinding tebing tersebut. Sehingga setiap sudut tebing menawarkan pemandangan tak terlupakan, menciptakan pengalaman menjelajah menakjubkan.

3. Tempat yang Memiliki Nilai Geologis

Tebing Breksi seringkali mempunyai unsur sejarah serta nilai geologis selain dari keelokannya. Lokasi ini menjadi saksi bisu perjalanan waktu, menyimpan cerita zaman purba tentang gunung vulkanik Nglanggeran di masa lalu. Tebing tersebut bahkan dihiasi bebatuan langka seperti breksi, memberikan pandangan unik tentang zaman dahulu.

4. Titik Fotografi Instagramable yang Banyak

Tebing Breksi Jogja telah menjadi magnet penarik bagi para fotografer, baik profesional maupun amatir. Kemegahan alam serta arsitektur batuan uniknya menciptakan background sempurna untuk mengabadikan berbagai momen indah untuk berswafoto atau foto bersama. 

Keindahan cahaya mentari dari balik dinding batuan sampai bayangan di permukaan tebing, semuanya merupakan elemen fotogenik yang tidak ternilai. Bahkan di area wisata Tebing Breksi tersebut ada juga titik foto bersama satwa khas burung hantu.

5. Berbagai Destinasi Agrowisata Tebing Breksi

Sejalan dengan meningkatnya kunjungan rekreasi dari berbagai daerah, banyak tempat sekitar Tebing Breksi telah dikembangkan menjadi destinasi wisata agro. Contohnya seperti adanya kegiatan budaya seperti ketoprak, karawitan, dan sebagainya. 

Bahkan Anda bisa menemukan destinasi wisata dekat tebing tersebut seperti Watu Tapak. Tempat tersebut merupakan tempat legenda dari perang tanding antara Bandung Bondowoso dan Prabu Boko ayahnya Roro Jonggrang.

Selain itu, ada juga Balkondes atau Balai Ekonomi Desa menjadi penginapan atau penyewaan tempat yang tentunya sangat nyaman. Rasakan atmosfer semi tradisional di Balkondes tersebut.

6. Menggunakan Jeep untuk Menikmati Arena Petualangan Wisata Tebing Breksi

Tebing Breksi menawarkan petualangan menantang untuk Anda jelajahi menggunakan kendaraan jeep. Terdapat rute jalan mengitari area wisata sehingga dapat membuat setiap perjalanan menjadi pengalaman tersendiri. Para pendaki dapat menikmati panorama yang menakjubkan di sekitar  ketika mengendarai jeep-jeep di area wisata tersebut.

7. Waktu yang Tidak Boleh Dilewatkan: Fajar serta Senja

Waktu paling direkomendasikan ketika di area wisata tebing tersebut yaitu ketika sunrise atau fajar menyingsing. Dari puncak tebing, panorama menghipnotis di pagi hari tersebut tentu harus Anda nikmati.

Bahkan, waktu Tebing Breksi malam hari menjadi pilihan waktu terbaik untuk mengunjungi tempat tersebut. Anda bisa memulainya dari keindahan senja ketika menikmati sunsetnya juga. Ketika matahari mulai tenggelam, beragam warna langit senja menciptakan pemandangan yang tentunya tidak bisa Anda lewatkan.

Bebatuan dengan warna-warna alamnya menjadi siluet di balik cahaya senja sehingga menciptakan suasana romantis serta damai. Dari puncak, akhiri dengan keindahan lanskap Yogyakarta dan sekitarnya ketika senja mulai menghilang.

Tips Ketika Mengunjungi Tebing Breksi

Ada baiknya ketika Anda mengunjungi Tebing Breksi Jogja mengikuti tips-tips ini agar rekreasi Anda berjalan tanpa halangan.

  1. Pilih waktu tepat ketika berkunjung, idealnya pagi atau sore hari untuk mendapatkan pengalaman terbaik. Hindari waktu siang yang terlalu panas.
  2. Kenakan pakaian yang nyaman, terutama sepatu yang sesuai untuk berjalan di area berbatu.
  3. Selalu bawa air minum cukup untuk menghindari dehidrasi, terutama jika berkunjung pada cuaca yang panas.
  4. Pastikan membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen indah di Tebing Breksi. Periksa daya baterai sebelumnya atau bawa power bank.
  5. Riset sebelumnya dan bawa peta area Tebing Breksi. Mintalah informasi dari penduduk lokal atau petugas keamanan sekitar area wisata.
  6. Jaga kebersihan area wisata seperti tidak membuang sampah sembarangan. Patuhi aturan berlaku serta hargai lingkungan sekitar.
  7. Coba makanan minuman lokal area Tebing Breksi untuk merasakan keunikan kuliner Jogja agar meningkatkan ekonomi sekitar.
  8. Kamu bisa kesini tiap malam pergantian tahun baru untuk menikmati pesta kembang api di Jogja.