Wisata Ramadhan KRJ - Kampung Ramadhan Jogokariyan
Wisata Ramadhan KRJ - Kampung Ramadhan Jogokariyan

17 Tempat Ngabuburit di Jogja, Jajan Kuliner Hingga Spot Sunset

Bulan Ramadan memiliki tempat tersendiri di hati umat muslim Indonesia. Selain buka bersama (bukber), momen ngabuburit juga menjadi tradisi menarik. Sebagian orang akan berburu takjil, sementara sebagian yang lain sekadar jalan-jalan ke spot menarik untuk menunggu waktu berbuka puasa. Kalau kamu sedang mencari tempat ngabuburit di Jogja, ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi. 

Di artikel ini, kamu bisa mempertimbangkan berbagai referensi tempat ngabuburit enak di Jogja yang gratis. Yuk, simak rekomendasinya di bawah ini agar momen ngabuburit kamu tidak membosankan!

Reservasi Custom Tour Harga Fleksibel

Bingung tidak ada paket wisata yang sesuai? Kamu bisa langsung melakukan reservasi cukup dengan menyebutkan jumlah peserta, durasi tour dan destinasi wisata yang kamu inginkan.

1. Jalan Malioboro

Pasti kamu sudah akrab dengan Jalan Malioboro. Destinasi wisata ikonik Jogja ini memang tidak pernah sepi pengunjung, baik di hari-hari biasa maupun bulan Ramadan. Jalan kaki dengan santai menyusuri Malioboro menjadi ide ngabuburit yang menyenangkan. 

Kamu bisa melihat-lihat barang antik yang dijual di sekitar jalan Malioboro. Selain itu, kamu juga dapat membeli takjil di Pasar Beringharjo.

Kalau kamu hanya ingin menghabiskan waktu menunggu berbuka puasa dengan berjalan-jalan saja, tentu tidak menjadi masalah. Pasalnya, kamu dapat menonton sebuah pertunjukan yaitu Cabaret Show di Hamzah Batik.

Untuk informasi lebih lengkap tentang wisata sekitar Malioboro kamu bisa simak artikel berikut: 15 Tempat Wisata Dekat Malioboro Jogja Paling Hits dan Populer

2. Alun-Alun Kidul

Selain Jalan Malioboro, alun-alun Kidul (Alkid) juga dapat kamu pertimbangkan sebagai tempat untuk ngabuburit di Yogyakarta.

Alkid sering dijadikan sebagai tempat untuk nongkrong para anak-anak muda untuk menanti waktu maghrib karena gratis. Kamu hanya perlu membayar parkir sepeda motor Rp3.000,00 dan mobil Rp5.000,00. 

Kamu dapat mencoba aktivitas masangin. Tradisi masangin adalah kegiatan berjalan di antara dua beringin kembar dengan mata tertutup menggunakan kain. Selain itu, kamu juga bisa menyewa odong-odong maupun sepeda.

Kalau waktu berbuka sudah tiba, kamu dapat membeli makanan atau takjil di sepanjang jalan Alkid. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan salat maghrib di Masjid Gede Kauman.

3. Lembah UGM

Memilih tempat ngabuburit dekat dengan masjid menjadi langkah yang tepat, sehingga kamu tidak perlu pusing mencari tempat untuk salat maghrib.

Nah, salah satu lokasi ngabuburit Jogja yang dekat masjid adalah Lembah UGM, tepatnya dekat dengan Masjid Agung UGM.

Di samping lokasinya yang strategis dan mudah kamu jangkau, terdapat aneka macam camilan atau takjil untuk buka puasa yang dijajakan dengan harga terjangkau.

4. Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Tempat untuk ngabuburit di Yogyakarta yang bisa kamu datangi secara gratis selanjutnya adalah Titik Nol Kilometer Yogyakarta. 

Lokasi ini menjadi salah satu tempat favorit bagi wisatawan untuk hunting foto. Dengan begitu, kamu dapat menunggu waktu untuk buka puasa dengan berburu foto-foto menarik. Tanpa terasa, nanti tiba-tiba waktu maghrib datang.

Namun, kamu tidak perlu khawatir soal makanan. Pasalnya, ada banyak penjual yang menjajakan jajanan dan camilan yang bisa mengisi perutmu.

5. Kampung Ramadhan Jogokariyan

Jika tempat-tempat sebelumnya sering kamu lihat pada hari-hari biasa, berbeda dengan Kampung Ramadhan Jogokariyan. Tempat ini diadakan khusus untuk menyambut sekaligus meramaikan bulan puasa.

Tak hanya gratis, kamu juga berpotensi mendapatkan takjil secara cuma-cuma. Pasalnya, Kampung Ramadhan Jogokariyan menyediakan takjil gratis hingga 3000 piring. 

Tempat ini bisa dibilang merupakan pasar rakyat yang cukup terkenal di Yogyakarta. Ada sekitar 270 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang turut meramaikan perhelatan pasar rakyat ini. Jadi, kamu bisa membeli aneka jenis takjil seperti kolak, aneka es, hingga makanan ringan.

6. Kampung Ramadhan Kauman

Ngabuburit sambil berburu takjil? Tentu bisa! Selain Kampung Ramadhan Jogokariyan, kamu bisa datang ke Kampung Ramadhan Kauman. 

Pasar yang termasuk pasar kaget pertama di Yogyakarta ini menyediakan aneka makanan tradisional, seperti kue lumpur, apem, dan lumpia dengan harga terjangkau. 

Di sini kamu dapat memilih berbagai aktivitas. Apakah akan berburu takjil atau sekadar jalan-jalan dan ngabuburit. Selain takjil, ada juga makanan berat yang dapat kamu beli seperti lauk pauk maupun aneka sayur.

Menariknya, di Kampung Ramadhan Kauman ada makanan khas yang hanya bisa kamu dapatkan di tempat ini yaitu kacang kumbon dan kicak ketan.

7. Kampung Ketandan

Kampung Ketandan adalah kawasan pecinan yang dapat kamu pilih sebagai tempat ngabuburit di Jogja. Tempat ini gratis, sehingga kamu tidak perlu takut menghabiskan banyak uang.

Kawasan pecinan ditandai dengan gapura warna merah keemasan, kemudian dilengkapi dengan hiasan ornamen khas budaya Cina yaitu naga.

Nah, kamu dapat memilih tempat ini untuk menghabiskan waktu sembari menanti saat berbuka puasa. Di tempat dengan ornamen yang unik ini, kamu dapat hunting foto instagramable ala perkampungan keturunan Cina di Jogja. Menarik, bukan?

8. Pasar Seni Gabusan

Ada tempat seru di Jalan Parangtritis yang cocok untuk ngabuburit, yaitu Pasar Seni Gabusan. Pasar ini menawarkan berbagai macam jajanan dengan harga murah, sehingga cocok sebagai menu pembuka berbuka puasa.

Kalau kamu tertarik ngabuburit di daerah selatan Yogyakarta, cobalah mampir ke Pasar Seni Gabusan. Selain jajanan murah, ada juga beberapa wahana anak. Jadi, kalau kamu datang bersama keluarga besar atau adikmu, tempat ini cocok.

9. Pasar Kaget di Jalan Kaliurang

Kalau kamu berada di kawasan Kaliurang, ada juga tempat asyik yang seru untuk ngabuburit. Tepatnya di Pasar Kaget di Jalan Kaliurang, kampus terpadu Universitas Islam Indonesia (UII). 

Selain menjual takjil, ada juga makanan dari luar negeri. Dengan begitu, kamu bisa mencicipi aneka makanan yang lebih beragam. Tentu saja tidak ada tiket masuk alias gratis, tapi kalau kamu jajan itu lain cerita. Namun, jika kamu ingin melihat-lihat saja, itu tidak menjadi masalah.

10. Masjid Gedhe Kauman

Ada banyak tempat ngabuburit di Jogja yang bisa kamu pilih. Kamu bisa melakukan itikaf di Masjid Gedhe Kauman. Masjid ini memiliki tradisi yang berusia ratusan tahun saat bulan Ramadan. Tradisi tersebut adalah membagikan takjil gulai kambing setiap hari Kamis.

Sembari menunggu waktu berbuka puasa, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas. Mulai dari tadarus Al-Quran, berzikir, membaca buku agama, hingga mengikuti diskusi keagamaan yang ada. Setelah berbuka, kamu dapat melanjutkan ibadah salat maghrib dan salat tarawih berjamaah.

11. Masjid Jogokaryan

Tak hanya Masjid Gedhe Kauman, Masjid Jogokariyan juga dapat kamu pilih sebagai tempat untuk ngabuburit. Ketika bulan puasa datang, di sekitar masjid ini menjadi tempat yang ramai pengunjung.

Sejumlah warga setempat menjajakan takjil. Maka dari itu, tak heran tempat ini dibanjiri para pemburu takjil. Jika datang ke Masjid Jogokariyan, kamu bisa sekalian salat maghrib di sini. Selain itu, biasanya ada ribuan porsi menu buka puasa yang dibagikan kepada pengunjung Masjid Jogokariyan. Siapa sangka, nanti kamu juga akan mendapatkan menu buka puasa gratis. Dengan begitu, bisa menghemat pengeluaran.

12. Bukit Pengilon

Ngabuburit dengan pemandangan alam juga tak kalah menarik, salah satunya dengan dayang ke Bukit Pengilon. Tempat ini menyuguhkan panorama pantai yang tenang dan perbukitan. Maka tak heran, kawasan ini menjadi pilihan untuk memandangi panorama laut selatan dan pantai dari ketinggian.

Setelah waktu berbuka tiba, kamu bisa membeli makanan dari warung-warung milik penduduk yang berada di daerah tersebut. Namun, saat sedang ngabuburit pastikan kamu tidak terlalu banyak aktivitas yang menyebabkan lelah.

13. Kotabaru

Kota Yogyakarta terkenal dengan ragam budaya yang selalu memikat. Maka dari itu, kamu juga ngabuburit di Kotabaru Yogyakarta. Kawasan ini termasuk kota bersejarah yang dibangun dengan konsep garden city

Di Kotabaru kamu akan menyaksikan berbagai bangunan cagar budaya, diantaranya Museum Sandi. Jadi, kamu akan merasakan pengalaman seolah sedang kembali ke masa-masa lampau. Dengan berjalan-jalan santai menyusuri pedestrian di kawasan ini, momen ngabuburit kamu akan semakin asyik.

14. Embung Imogiri

Selain di kawasan Kotabaru, kamu bisa memilih ngabuburit jalan-jalan santai di Embung Imogiri. Tempat ini berada di Manggung, Imogiri, Kabupaten Bantul. Kamu tenang saja, karena Embung Imogiri bisa kamu kunjungi setiap hari dan buka 24 jam.

Tempat ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu tempat penampungan air yang mirip gunungan wayang kalau dilihat dari atas. Di samping jalan-jalan santai, kamu juga bisa hunting foto dan berolahraga ringan sembari menanti saat berbuka puasa.

15. Tugu Jogja

Tugu Jogja atau yang akrab disebut juga sebagai Tugu Tal Putih, bisa menjadi tempat ngabuburit di Jogja selanjutnya. Tentunya, tempat ini selalu ramai pengunjung saat bulan Ramadan. Pasalnya, Tugu Jogja menjadi salah satu kebanggaan sekaligus ciri khas masyarakat Yogyakarta.

Ada banyak pedagang yang menjajakan jajanan di Tugu Jogja, sehingga kamu tak perlu khawatir saat akan berbuka puasa. Selain berburu takjil, kamu juga bisa menyewa sepeda sembari melihat-lihat keindahan kota Yogyakarta. 

16. Pantai Parangtritis

Ingin ngabuburit dengan suasana yang berbeda? Tak hanya pasar kaget dan masjid, kamu juga bisa ngabuburit di Pantai Parangtritis. Destinasi wisata yang dikelilingi tebing batu karang dan gunung-gunung pasir ini menawarkan aktivitas yang seru. 

Kamu bisa memilih untuk menaiki delman, menikmati sunset, berjalan-jalan santai menyusuri garis pinggiran pantai, hingga hunting foto-foto yang menarik.

17. Jalur Gaza

Eits, ini bukan jalur Gaza yang ada di Palestina ya! Kamu hanya perlu datang ke Yogyakarta. Jajanan Lauk, Sayur, Gubug Azhar Zerba Ada atau yang disingkat Jalur Gaza ini menawarkan berbagai jajanan atau takjil serta makanan berat untuk berbuka puasa. 

Setelah seharian berpuasa, kamu bisa mencicipi aneka camilan dan menu minuman yang para pedagang jual di Jalur Gaza. Jadi, kamu dapat melepas rasa lapar dan dahaga dengan tenang.

Itulah 17 rekomendasi dan referensi tempat ngabuburit di Jogja yang bisa kamu pilih. Mulai dari tempat untuk sekadar berjalan-jalan santai, masjid, pasar dadakan, bangunan cagar budaya, hingga pantai, semua ada. Jadi, kamu bebas memilih sesuai keinginanmu. Semoga ibadahmu di bulan Ramadhanmu terus lancar ya!

FYI kamu bisa menikmati suasana Ramadhan di Yogyakarta dan sekitarnya dengan melakukan reservasi paket wisata Jogja 2 Hari 1 Malam secara custom. Untuk transportasi kamu bisa menggunakan jasa sewa trasnportasi dari WisataHappy.com.