Gudeg Yu Djum Makanan Khas Jogja
Gudeg Yu Djum Makanan Khas Jogja

7 Makanan Khas Jogja yang Terkenal Murah dan Lezat 

Yogyakarta dikenal sebagai Kota Pelajar juga menjadi surga bagi para pecinta kuliner. Ragam makanan khas daerah Yogyakarta yang lezat dan unik menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. 

Saat kamu liburan ke Jogja, rasanya belum lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas jogja. Tetapi, kamu tenang saja! Kami telah menyiapkan 7 makanan khas Jogja yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke kota budaya ini:

Reservasi Custom Tour Harga Fleksibel

Bingung tidak ada paket wisata yang sesuai? Kamu bisa langsung melakukan reservasi cukup dengan menyebutkan jumlah peserta, durasi tour dan destinasi wisata yang kamu inginkan.

1. Gudeg

Gudeg Yu Djum
Gudeg Yu Djum Jogja

Gudeg merupakan ikon kuliner Yogyakarta yang menjadi favorit banyak wisatawan. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah khas selama beberapa jam hingga menghasilkan rasa yang gurih dan manis. 

Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, ayam kampung, telur, tahu, dan sambal goreng krecek. Salah satu tempat terkenal untuk menikmati gudeg adalah Gudeg Yu Djum yang terletak di pusat kota.

Harga setiap porsi gudeg cukup beragam, tetapi masih ramah di kantong. Untuk menikmati seporsi gudeg, kamu perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp11.000.

2. Sate Kere

Sate Kere
Sate Kere Pasar Beringharjo

Makanan khas daerah Jogja berikutnya yang bisa kamu coba adalah sate kere. Sate unik yang berasal dari Yogyakarta ini berbeda dengan sate pada umumnya karena tidak menggunakan daging sapi atau ayam. Namun, menggunakan kopyor sapi atau bagian lemak sapi yang diolah khusus. 

Sate ini memiliki aroma yang khas dan gurih, biasanya disajikan dengan bumbu kecap atau bumbu kacang. Kamu bisa menemukan Sate Kere di kawasan Pasar Beringharjo dan sekitarnya.

Sementara itu, harga sate kere dibanderol mulai dari Rp10.000 per 3 biji. Dengan harga yang murah ini, kamu sudah bisa menikmati makanan khas dari Jogja. 

3. Bakpia Pathok

Bakpia Pathok Jogja
Bakpia Pathok Jogja

Bakpia Pathok berbentuk kue bulat kecil yang merupakan oleh-oleh khas Yogyakarta. Isian yang paling umum adalah kacang hijau, namun sekarang ini ada berbagai varian rasa seperti cokelat, keju, dan durian. 

Bakpia Pathok dinamakan demikian karena pertama kali dibuat di daerah Pathok, dekat dengan Keraton Yogyakarta.

Saat kamu liburan ke Jogja, bakpia pathok bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang menarik. Sebab, harga yang jajanan khas Jogja ini terbilang murah. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp35.000 untuk satu kotak dengan isi sekitar 15 biji. Namun, harga tersebut bisa saja bervariasi, tergantung rasa varian yang kamu pilih.

4. Angkringan

Angkringan Kopi Joss Lik Man
Angkringan Kopi Joss Lik Man

Angkringan adalah sebuah konsep makanan kaki lima di Yogyakarta yang menyajikan berbagai jenis makanan dan minuman di pinggir jalan dengan harga yang sangat terjangkau. Lebih dari sekedar tempat makan, angkringan sering menjadi tempat untuk menciptakan momen keakraban dengan berbincang-bincang santai.

Nasi kucing menjadi salah satu menu andalan di angkringan, yaitu porsi nasi kecil dengan lauk seperti sambal, oseng-oseng, dan ikan teri. Angkringan Lik Man di dekat Stasiun Tugu adalah salah satu yang paling terkenal.

5. Jadah Tempe

Jadah Tempe
Jadah Tempe Mbah Carik Kaliurang

Makanan khas daerah Yogyakarta yang sayang untuk kamu lewatkan adalah Jadah Tempe. Jadah terbuat dari ketan yang dicampur dengan kelapa parut, diolah dengan cara dikukus dan biasanya disajikan bersama dengan tempe bacem yang manis.

Jadah Tempe Mbah Carik di Pakem, Kaliurang menjadi salah satu tempat yang terkenal untuk menikmati kombinasi unik ini. Kamu bisa menikmati jadah tempe saat berkunjung ke kawasan Kaliurang.

6. Kue Kipo

Kue Kipo
Kipo Bu Djito Kotagede

Kipo merupakan kudapan tradisional berwarna hijau dari Kotagede, Jogja. Kue yang cenderung manis memiliki sejarah panjang dan lekat dengan budaya lokal. Konon, kipo merupakan jajanan favorit Sultan Agung dan kini telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda.

Salah satu penjual kipo ternama di Kotagede adalah Kipo Bu Djito. Berdiri sejak tahun 1946, Kipo Bu Djito dikenal sebagai pionir dalam melestarikan kudapan manis ini. Kue ini terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan campuran gula kelapa dan diselimuti dengan adonan berwarna-warni. 

Memiliki tekstur yang lembut dan manis, kue kipo menjadi salah satu jajanan pasar yang wajib kamu coba. Sementara itu, harga kue kipo sekitar Rp2.500 per buah.

7. Cenil

Kue Cenil
Cenil Khas Jogja

Cenil adalah makanan khas daerah Yogyakarta yang cukup populer. Terbuat dari tepung kanji yang dicampur dengan pewarna makanan, cenil disajikan dengan kelapa parut serta gula pasir.

Warna-warni cerah dari cenil menambah daya tarik kuliner jajanan tradisinoal Jogja  ini. Cenil bisa kamu temukan di berbagai pasar tradisional di Yogyakarta. Nah, untuk harga cenil per porsi mulai dari Rp5.000 saja.

Makanan khas dari daerah Yogyakarta adalah bagian dari kekayaan kuliner yang memanjakan lidah. Lebih dari itu, setiap makanan khas yang disebutkan di atas membawa ciri khas dan keunikan tersendiri dari Yogyakarta. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi semua makanan ini saat kamu berada di Jogja.

Kamu ingin liburan di Jogja tanpa pusing memikirkan perencanaan perjalanan? WisataHappy.com siap membantumu dengan menyediakan paket wisata Jogja yang murah dan bisa kamu sesuaikan dengan preferensi. 

Dengan layanan paket tour ini, kamu bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata di Jogja. Jadi, liburanmu akan terasa lebih menyenangkan dan tanpa repot.