Bus AKAP Sinar Jaya
Bus AKAP Sinar Jaya

Perbedaan Bus AKAP dan Pariwisata

Bus merupakan salah satu moda transportasi favorit masyarakat Indonesia untuk bepergian. Ada dua jenis bus yang umum digunakan, yaitu bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan bus pariwisata. Memahami perbedaan bus AKAP dan pariwisata merupakan kunci utama dalam memilih bus yang tepat untuk perjalanan yang berkesan.

Artikel ini akan mengupas perbedaan keduanya untuk membantu kamu memilih bus yang sesuai dengan kebutuhan perjalananmu. Cari tahu sekarang dan pilih bus yang paling sempurna untuk perjalananmu!

Reservasi Custom Tour Harga Fleksibel

Bingung tidak ada paket wisata yang sesuai? Kamu bisa langsung melakukan reservasi cukup dengan menyebutkan jumlah peserta, durasi tour dan destinasi wisata yang kamu inginkan.

1. Jarak Tempuh

Perbedaan utama antara bus AKAP dan bus pariwisata terletak pada jarak tempuhnya. Bus AKAP dirancang untuk perjalanan jarak jauh antar kota dan provinsi dengan waktu tempuh rata-rata 4-12 jam. Contohnya, bus AKAP yang melayani rute Jakarta-Surabaya, Jakarta-Bandung, atau Medan-Padang.

Sementara itu, bus pariwisata umumnya digunakan untuk perjalanan wisata dalam satu provinsi atau antar provinsi dengan waktu tempuh yang lebih singkat, yaitu sekitar 2-8 jam. Contohnya, bus pariwisata untuk mengantar rombongan wisata ke objek wisata di Jawa Barat, Jawa Tengah, atau Bali.

2. Kapasitas Penumpang

Perbedaan selanjutnya dapat kamu perhatikan dari kapasitas penumpang. Bus AKAP umumnya memiliki kapasitas penumpang yang lebih besar dibandingkan bus pariwisata. 

Bus AKAP standar mampu menampung 40-50 penumpang, sedangkan bus pariwisata umumnya hanya menampung 25-40 penumpang. Hal ini dikarenakan bus AKAP perlu mengangkut banyak penumpang dalam satu perjalanan. 

Di sisi lain, bus pariwisata lebih mengutamakan kenyamanan dan ruang gerak penumpang selama perjalanan wisata. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih bus yang tepat sesuai kebutuhan perjalanan.

3. Fasilitas Bus

Meskipun sama-sama memberikan kenyamanan selama perjalanan, fasilitas dalam bus AKAP dan bus pariwisata berbeda. Perbedaan bus AKAP dan pariwisata dalam hal fasilitas sebetulnya tidak terlalu signifikan.

Bus antar kota  lebih berfokus pada efisiensi perjalanan jarak jauh. Oleh karena itu, fasilitas yang ada tergolong fasilitas standar. Umumnya, bus antar kota menyediakan fasilitas standar seperti AC, toilet, dan kursi reclining

Fasilitas tersebut mendukung kenyamanan penumpang selama perjalanan. Namun, perlu kamu ketahui bahwa bus antar kota ekonomi biasanya fasilitasnya lebih minim. Hal ini karena harga tiket yang lebih terjangkau.

Sementara itu, bus pariwisata biasanya dilengkapi dengan fasilitas yang lebih lengkap. Seperti TV, DVD player, karaoke, reclining seat yang lebih nyaman, leg rest, toilet yang lebih luas, dan bahkan smoking area.

Bus pariwisata dirancang untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi para penumpang selama perjalanan wisata. Selain itu, fasilitas hiburan seperti TV, DVD player, karaoke, dan wifi membantu penumpang untuk menghilangkan kebosanan selama perjalanan.

4. Tujuan Penggunaan

Sesuai namanya, bus AKAP digunakan untuk perjalanan antar kota dan provinsi. Sementara itu, bus pariwisata digunakan untuk perjalanan wisata. 

Bus AKAP cocok bagi kamu yang ingin bepergian jarak jauh dengan budget terbatas. Contohnya, kamu ingin mengunjungi keluarga di luar kota atau mudik ke kampung halaman.

Sedangkan bus pariwisata lebih cocok bagi kamu yang ingin bepergian wisata dengan nyaman dan menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan. Contohnya, kamu ingin berlibur bersama keluarga atau teman ke objek wisata alam atau taman hiburan.

5. Harga Tiket

Perbedaan bus AKAP dan pariwisata juga terletak pada harga tiket. Harga tiket bus AKAP dan bus pariwisata juga berbeda. Harga tiket bus AKAP relatif lebih murah dibandingkan bus pariwisata. Hal ini karena bus AKAP mengangkut lebih banyak penumpang dan biaya operasionalnya lebih rendah.

Harga tiket bus AKAP bervariasi tergantung pada jarak tempuh, jenis bus, dan fasilitas yang ditawarkan. Contohnya, harga tiket bus AKAP non-AC untuk rute Jakarta-Bandung berkisar antara Rp150.000,00-Rp200.000,00. Sedangkan, harga tiket bus AKAP AC untuk rute yang sama berkisar antara Rp200.000,00-Rp250.000,00.

Sementara itu, harga tiket bus pariwisata lebih mahal karena jumlah penumpangnya lebih sedikit dan fasilitas yang ditawarkan lebih lengkap. Harga tiket bus pariwisata bervariasi tergantung pada jenis bus, lama perjalanan, dan tujuan wisata. 

Contohnya, harga sewa bus pariwisata medium untuk perjalanan wisata selama 2 hari 1 malam di Jawa Barat berkisar antara Rp5.000.000,00 hingga Rp6.000.000,00.

Memahami perbedaan bus AKAP dan bus pariwisata akan membantumu dalam memilih bus yang ideal untuk setiap perjalanan. Pastikan saat memilih bus kamu mempertimbangkan beberapa faktor, seperti jarak tempuh, jumlah penumpang, budget, dan preferensi pribadi. WisataHappy.com hadir sebagai solusi perjalananmu dengan menyediakan berbagai pilihan bus AKAP yang berkualitas dan layanan sewa bus pariwisata yang terpercaya. Hubungi WisataHappy.com sekarang dan wujudkan perjalanan yang penuh ketenangan bersama kami!