Bus Pariwisata Happy Group
Bus Pariwisata Happy Group

Tips Sewa Bus Pariwisata Agar Perjalanan Lebih Nyaman dan Aman

WisataHappy.com akan berbagi tips sewa bus pariwisata hingga tips memilih unit bus pariwisata. Hal ini sangat penting mengingat saat sewa bus pariwisata kita harus teliti dan tidak boleh asal. Ketidaksesuaian unit bus dengan medan perjalanan ataupun kesalahan pemilihan kursi akan mengganggu kenyamanan perjalanan.

Pastikan sebelum berencana liburan ataupun bepergian menggunakan bus pariwisata kamu telah mengetahui beberapa poin penting terkait sewa bus. Mari langsung saja kita bahas mengenai tips sewa bus pariwisata agar perjalanan lebih nyaman dan aman. 

Reservasi Custom Tour Harga Fleksibel

Bingung tidak ada paket wisata yang sesuai? Kamu bisa langsung melakukan reservasi cukup dengan menyebutkan jumlah peserta, durasi tour dan destinasi wisata yang kamu inginkan.

Lakukan Pengecekan Legalitas Perusahaan

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat mendapatkan penawaran sewa bus menarik adalah melakukan pengecekan legalitas perusahaan. Cari nama badan hukum yang terdaftar dari brand terkait.

Misalkan saja WisataHappy.com merupakan brand dari PT. Happy Trans Haryadi yang juga Memiliki brand lain seperti Happytour.id dan Happy-bus.id.

Bisa saja kamu akan menemukan tempat sewa bus yang tidak berbadan hukum. Tapi semua keputusan kembali kepada pihak penyewa untuk melanjutkan akad sewa bus atau tidak.

Namun, kami menyarankan untuk melakukan transaksi dan negosiasi secara langsung apabila kamu hendak sewa bus dimanapun. 

Lihat Review dan Testimoni Penyewa

Setelah menemukan legalitas perusahaan terkait, kamu bisa langsung melihat review atau testimoni yang tersebar di internet. Hal paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah melalui Google Maps. Urutkan ulasan terbaru agar relevan dengan kondisi terbaru.

Walaupun ulasan yang diberikan tidak seluruhnya benar namun kamu dapat memilah review spam karena biasanya terlihat dengan rating rendah namun tanpa keterangan ulasan. Untuk itu lebih baik baca ulasan yang memiliki keterangan lengkap.

Hal yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah melihat kondisi bus melalui foto yang diunggah oleh pemilik ataupun pengguna yang mengulas. Kamu juga bisa melihat review kami pada profil Google Maps.

Pastikan Unit Bus yang Disewa Sesuai

Setelah mantap dengan layanan sewa bus pariwisata tersebut maka hal yang harus dilakukan adalah pengecekan unit. Hal lumrah yang dilakukan adalah melakukan pengecekan unit langsung ke garasi. Tapi untuk menghemat waktu kamu juga bisa meminta foto unit serta pencocokan plat nomor bus dengan STNK.

Tips sewa bus pariwisata yang paling krusial adalah pengecekan unit. Hal ini karena merupakan salah satu kunci perjalanan yang nyaman dan aman. Jika kamu memiliki waktu untuk cek unit secara langsung kamu dapat melakukan pengecekan beberapa bagian berikut:

  • Cek kondisi body dan kaca
  • Cek kondisi interior dan kursi
  • Cek kesesuaian STNK untuk  mengetahui umur chassis kendaraan
  • Tanyakan kondisi AC

Dengan memastikan beberapa poin diatas maka kamu bisa menilai kelayakan dan kesesuaian unit bus dengan kebutuhanmu. Pihak PO tidak akan menolak jika memang beberapa poin di atas dalam kondisi yang baik.

Tanyakan Ketersediaan Ruang Bagasi

Bukan hanya berlaku untuk sewa bus tapi juga berlaku untuk sewa segala jenis kendaraan dan kamu akan membawa barang, yaitu kamu harus bertanya tentang kapasitas bagasi. Jangan sampai perjalananmu menjadi kurang nyaman hanya karena kekurangan bagasi.

Misalkan saja kamu dan rombongan membutuhkan kapasitas bagasi yang besar karena semua penumpang membawa 2 koper dan tas. Kamu wajib menyampaikan ini ke pihak penyedia layanan ataupun PO agar tidak ada miskomunikasi terkait bagasi.

Sebagai referensi kamu bisa membaca tentang jenis bus dan kapasitas bagasi di halaman detail armada bus pariwisata tipe big bus

Jelaskan Itinerary dan Rundown ke Penyedia Layanan

Hal wajib lain yang tidak boleh terlewat adalah menjelaskan rundown acara maupun itinerary kegiatan. Mengapa menjelaskan rundown acara merupakan hal wajib? Jawabannya karena untuk mengetahui rute yang akan dilewati. Biasanya pihak PO yang berpengalaman akan mengetahui rute terkait memungkinkan atau tidak untuk dilewati bus pariwisata. 

Apabila tidak memungkinkan untuk dilewati bus pariwisata maka pihak PO biasanya akan menyarankan penyewa untuk mencari shuttle atau mengganti unit yang dipakai. Tentu saja ini juga menguntungkan kamu sebagai penyewa karena kamu bisa mendapatkan informasi tambahan terkait kemudahan akses transportasi ke tujuan.

Pastikan Driver Berpengalaman dan Menguasai Medan

Setelah menjelaskan itinerary biasanya pihak perusahan otobus(PO) akan memilih driver yang menguasai medan. Untuk itu kamu bisa memastikannya ke pihak PO. Selain lebih aman karena menguasai medan perjalanan keuntungan lain adalah kamu bisa mendapatkan informasi menarik dari driver. Misalkan tentang informasi kuliner atau rekomendasi toko oleh-oleh.

Tips tentang driver ini juga sangat penting karena kenyamanan akan bergantung pada driver. Kemungkinan buruk apabila driver kurang menguasai medan adalah penumpang bisa saja mabuk perjalanan karena pembawaan kendaraan kurang halus.

Pahami Ketentuan dan Kebijakan Layanan

Setiap PO memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda sehingga kamu harus menanyakan syarat dan ketentuan sewa bus di PO terkait. Dengan mengetahui syarat dan ketentuan kamu dapat memahami kebijakan yang diberikan kepada penyewa.

WisataHappy.com sendiri juga memiliki syarat & ketentuan layanan yang dapat kamu baca pada halaman berikut ini.

Karena merupakan hal yang krusial maka sangat kami sarankan untuk bertanya beberapa poin seperti:

  • Durasi sewa
  • Fasilitas include
  • Fasilitas exclude
  • Kebutuhan yang harus dipersiapkan dari pihak penyewa
  • Kewajiban dan hak penyewa maupun penyedia layanan
  • Jumlah driver dan crew yang terlibat dalam perjalanan
  • Hal terkait dengan tip driver dan crew

Siapkan Tip untuk Driver dan Crew

Beberapa PO memberikan keterangan tentang tipping ke driver dan crew. Walaupun bukan kewajiban tapi kami menyarankan untuk memberikan tip kepada driver dan crew.

Jika kamu hendak memberikan tip kami sarankan untuk memberikan “salam tempel” di awal sebelum keberangkatan terlebih jika kamu tidak berkunjung ke pusat oleh-oleh.

Hal ini perlu dipertimbangkan karena banyak kasus yang terjadi di masyarakat perjalanan kurang memuaskan yang disebabkan oleh salah faham. Misalkan kewajiban crew adalah untuk melayani penumpang ketika perjalanan seperti menyiapkan hiburan, mencarikan toilet dan sebagainya.

Salah paham yang terjadi adalah ketika crew dimintai untuk membawa barang ataupun koper. Hal yang perlu digaris bawahi adalah crew bukanlah porter sehingga jangan sampai membuat salah paham. Kecuali memang crew yang berinisiatif untuk membawakan barang bawaan. Maka dari itu kami menyarankan untuk memberikan tip apabila terdapat tindakan ekstra yang harus dilakukan crew dan kita memintanya.

Lakukan Negosiasi Harga Jika Memungkinkan

Negosiasi harga merupakan hal yang terkadang kamu lupakan. Ketika kamu melakukan sewa bus pariwisata untuk jarak jauh biasanya kamu dapat melakukan nego harga sewa. Misalkan untuk perjalanan dengan waktu sewa 2 hari atau lebih kamu bisa mengajukan potongan harga atau diskon misalkan potongan Rp50.000 per harinya.

Dalam proses negosiasi kamu juga membutuhkan rasionalitas harga. Jangan sampai kamu melakukan nego harga terlalu jauh dari harga penawaran awal bahkan separuh harga. Hasil negosiasi tentunya dapat kamu gunakan untuk mengalokasikannya sebagai uang tip.

Minta Bukti Pembayaran dan Lakukan Konfirmasi Pelunasan Segera

Sering terjadi kasus penumpang ditelantarkan karena penyewa belum melunasi pembayaran sewa. Agar hal seperti itu tidak terjadi kamu bisa melakukan pelunasan segera. Selain itu mendapat bukti pembayaran hingga bukti pelunasan merupakan hal wajib yang harus kamu lakukan.

WisataHappy.com menerapkan peraturan bahwa pelunasan harus dilakukan maksimal H-1 sebelum tanggal keberangkatan. Hal ini kami terapkan agar penyewa dan penyedia memenuhi hak dan kewajibannya sesuai ketentuan.

Pastikan Fasilitas Sesuai

Memastikan kesesuaian fasilitas adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Kamu wajib bertanya tentang fasilitas apa yang akan didapat saat menyewa bus pariwisata. Kami sarankan untuk melakukan konfirmasi melalui chat sehingga terdapat jejak digital. Apabila ketika hari keberangkatan terdapat ketidaksesuaian kamu bisa melakukan komplain nantinya dan memiliki bukti kuat.

Pegang Prinsip “Ada Harga Ada Kualitas”

Prinsip ada harga ada kualitas juga penting dalam hal sewa bus pariwisata. Hal ini tidak lain karena perbedaan usia bus pariwisata yang tersedia termasuk dengan model yang akan kamu dapatkan.

Misalkan saja bus pariwisata tipe Big Bus JB3+ dengan chasis keluaran 2020 akan berbeda harga sewanya dengan Big Bus JB3+ dengan chasis keluaran 2023. Walaupun menggunakan body yang sama(JB3+) namun akan berbeda berkat usia chasis yang selisih 3 tahun. 

Bahkan jika kamu sebagai penyewa pasti akan lebih memilih unit terbaru. Dari beberapa poin di atas kamu juga bisa melakukan survey harga dan membandingkannya untuk mendapatkan unit terbaru dengan harga terbaik. Tapi jangan lupa tentang testimoni dan legalitas perusahaan.

Kesimpulan

Selesai sudah kita membahas tentang 12 tips sewa bus pariwisata yang bisa kamu jadikan pegangan dan panduan dalam melakukan proses rental. Komunikasi yang baik adalah kunci dalam membuat perjalan dengan bus pariwisata menjadi aman dan nyaman. Tapi agar perjalananmu lebih terjamin kamu bisa sewa bus pariwisata di WisataHappy.com.

Jaringan layanan kami tersebar luas dari Jawa-Bali-Sumatera-Kalimantan termasuk kota besar seperti:

Kamu bisa menyimpan kontak kami agar kamu bisa bertanya tentang sewa bus ataupun kebutuhan transportasi lain ke WisataHappy.com