Kebun Teh Tritis
Kebun Teh Tritis

Kebun Teh Jogja untuk Liburan Sejuk & Instagramable

Yogyakarta, kota budaya dan sejarah memang menyimpan pesona alam yang tak kalah memikat. Di balik hiruk pikuk perkotaan, terhampar hamparan hijau perbukitan yang menyejukkan mata, salah satunya adalah kebun teh Jogja.

Bagi para pecinta alam dan fotografi, kebun teh menawarkan wisata yang tak terlupakan. Pemandangan hijau yang luas, udara yang sejuk, dan suasana yang tenang menjadi daya tarik utama untuk melepas penat dari rutinitas.

Reservasi Custom Tour Harga Fleksibel

Bingung tidak ada paket wisata yang sesuai? Kamu bisa langsung melakukan reservasi cukup dengan menyebutkan jumlah peserta, durasi tour dan destinasi wisata yang kamu inginkan.

Destinasi Kebun Teh Jogja untuk Liburan

Kebun teh di Jogja memang tidak sebanyak pantai maupun destinasi wisata sejarah. Namun, masih ada kebun teh yang bisa kamu datangi. Di artikel ini, kami punya rekomendasi dua kebun teh di Jogja yang wajib kamu kunjungi untuk liburan yang sejuk dan instagramable:

1. Kebun Teh Tritis

Kebun Teh Tritis
Kebun Teh Tritis Samigaluh Kulonprogo

Pertama, kamu bisa mengunjungi Kebun Teh Tritis yang berlokasi di Tritis, Ngargosari, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673. Kebun teh ini merupakan salah satu primadona wisata alam di Yogyakarta.

Kamu bisa mengunjungi Kebun Teh Tritis setiap hari dari jam 08.00 WIB – 18.00 WIB. Fasilitas yang tersedia di Kebun Teh Tritis cukup lengkap. Mulai dari mushola, lahan parkir, gazebo, warung makan, hingga kamar mandi. Sementara itu, harga tiket masuknya Rp10.000/orang. 

Keindahannya tentu tidak perlu kamu ragukan lagi. Hamparan teh hijau yang luas dengan latar belakang Gunung Merapi yang menjulang tinggi, menghadirkan panorama yang begitu memanjakan mata.

Ada berbagai aktivitas menarik yang dapat kamu lakukan. Mulai dari sekadar berkeliling menikmati hamparan teh hijau, hingga bersantai untuk menenangkan pikiran.

Jika kamu memilih berkeliling di kebun teh, kamu dapat berjalan kaki untuk menjelajahi luasnya Kebun Teh Tritis. Dengan cara ini, kamu dapat merasakan sensasi kesejukan udara pegunungan dan menikmati panorama alam yang indah.

Selain itu, pemandangan alam yang indah menjadi spot foto yang sempurna. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang teh hijau, gunung, dan langit biru yang cerah. Hamparan teh hijau yang luas akan menambah keindahan foto. Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan momen ini.

2. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo
Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Mengunjungi kebun teh Jogja memberikan pengalaman liburan yang mengesankan, terutama kalau kamu menyukai wisata alam. Kamu bisa mengunjungi Kebun Teh Nglinggo yang beralamat di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo Regency, Special Region of Yogyakarta.

Berada di Kulon Progo, Kebun Teh Nglinggo menawarkan panorama yang tak kalah memukau. Kebun teh ini terkenal dengan hamparan tehnya yang luas dan tertata rapi, bak permadani hijau yang terbentang di atas bukit.

Ada beragam fasilitas yang tersedia di Kebun Teh Nglinggo. Mulai dari penginapan, toilet yang bersih, hingga aneka makanan. Kamu bisa mengunjungi Kebun Teh Nglinggo setiap hari. Pasalnya, perkebunan teh ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB – 18.00 WIB.

Selain itu, ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan. Bagi kamu yang menyukai aktivitas fisik, trekking di Kebun Teh Nglinggo menjadi pilihan yang tepat. 

Pemandangan alam yang indah akan menemani perjalananmu di perkebunan teh ini. Menjelajahi jalan setapak di antara pepohonan dan menikmati udara segar pegunungan merupakan momen yang menyenangkan.

Di samping udara sejuk yang menyegarkan dan pemandangan yang memanjakan mata, spot foto instagramable di sini berlimpah. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang teh hijau, pegunungan, dan gardu pandang yang ikonik. Abadikan momen indahmu di ayunan raksasa atau di depan tulisan “Nglinggo” yang besar.

Tips Liburan ke Kebun Teh Jogja

Setelah kamu mengetahui destinasi wisata kebun teh Jogja, selanjutnya kamu juga perlu tips untuk mengunjungi perkebunan teh. Tujuannya agar liburanmu atau kunjunganmu ke kebun teh bisa menjadi pengalaman yang mengesankan.

Sebaiknya, kamu cek perkiraan cuaca terlebih dahulu. Sangat kami sarankan untuk mengunjungi perkebunan teh saat cuaca sedang cerah. Kunjungi kebun teh di pagi hari atau sore hari untuk mendapatkan udara yang lebih sejuk. Pastikan untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan alas kaki yang sesuai untuk trekking.

Jangan lupa untuk membawa topi, kacamata hitam, dan sunscreen untuk melindungi diri dari sinar matahari yang terik. Siapkan juga kamera untuk mengabadikan momen indah di kebun teh. Pastikan membawa uang tunai secukupnya karena tidak semua tempat menerima pembayaran non-tunai.

Selain itu, jagalah kebersihan dan kelestarian lingkungan selama berada di kebun teh, agar kita dapat menikmati keindahan alam tersebut tanpa merusaknya.

Kebun Teh Tritis dan Kebun Teh Nglinggo termasuk kebun teh di Jogja yang menjadi pilihan sempurna untuk liburan yang sejuk dan instagramable di Jogja. Keindahan alamnya yang memukau dan berbagai aktivitas menarik yang ditawarkan, akan membuat liburanmu tak terlupakan.Jika kamu ingin mengunjungi beberapa destinasi wisata menarik lainnya di Jogja tanpa repot, paket wisata Jogja dari WisataHappy.com merupakan layanan yang tepat. Kami akan merencanakan kunjungan ke destinasi wisata menarik di Jogja sesuai preferensimu. Selamat liburan di Jogja dan nikmati perjalanan yang mengesankan bersama WisataHappy.com!