Pantai Kesirat
Pantai Kesirat

Pantai Kesirat Jogja: Daya Tarik, Fasilitas, Harga dan Rute

Pantai Kesirat menjadi salah satu wisata pantai Jogja tersembunyi yang masih belum diketahui oleh banyak orang. Walaupun lokasinya cukup terpencil berada di Gunung Kidul, daya tarik pantai ini mampu memikat dan membuat pengunjung terpesona. 

Sebelum kamu melakukan perjalanan ke pantai Gunung Kidul ini, sebaiknya ketahui terlebih dahulu semua informasinya. Di artikel ini, kamu bisa mengetahui daya tarik, kelebihan, fasilitas, harga, rute, hingga kekurangan dari Pantai Kesirat Jogja.

Reservasi Custom Tour Harga Fleksibel

Bingung tidak ada paket wisata yang sesuai? Kamu bisa langsung melakukan reservasi cukup dengan menyebutkan jumlah peserta, durasi tour dan destinasi wisata yang kamu inginkan.

Kelebihan dan Daya Tarik Pantai Kesirat

Kamu pasti penasaran apa yang menjadi daya tarik pantai ini. Supaya kamu tidak menyesal saat datang ke Pantai Kesirat, simak sederet kelebihan dan daya tariknya di bawah ini!

1. Panorama Sunrise dan Sunset

Kalau kamu pencinta pemandangan sunrise dan sunset, melakukan perjalanan wisata pantai Jogja yang satu ini menjadi pilihan yang tepat. Dari pantai ini, kamu bisa menyaksikan panorama sunset yang nyaris sempurna karena tidak ada yang menghalangi pandanganmu.

Senebtara itu, pemandangan sunrise atau matahari terbit juga tidak kalah menawan. Dengan pemandangan indah serta ombak besar dan pemandangan batu karang menjulang tinggi, pantai ini menjadi destinasi wisata pantai di Yogyakarta yang layak kamu datangi.

2. Pemandangan Biru Langit yang Elok

Kamu ingin menikmati pemandangan biru langit yang elok dan memanjakan mata? Pantai Jogja yang bagus ini dapat mewujudkan impian kamu. 

Saat cuaca cerah, kamu akan melihat warna biru langit yang berpadu dengan warna laut. Bisa kamu bayangkan, betapa indahnya pemandangan itu. Bahkan, kamu juga dapat menikmati hamparan rumput yang menyegarkan mata.

Di samping itu, pemandangan di pantai ini akan terlihat lebih eksotis. Pasalnya, kamu bisa menyaksikan pemandangan tebing yang diiringi suara deburan ombak. Dengan pemandangan ini, kamu bisa merasakan kedamaian dan ketenangan.

3. Spot Foto Instagramable

Wisata pantai memang menawarkan keunikan tersendiri. Pemandangan alam yang langka sering membuat orang ingin mengabadikan momen tersebut. Menariknya, di Pantai Kesirat terdapat beragam spot foto instagramable menarik yang bisa kamu jadikan sebagai latar atau background foto.

Salah satu spot foto menarik yang selalu menjadi incaran wisatawan adalah Pohon Gebangkoro. Pohon ini merupakan pohon tua yang telah menjadi ikon Pantai Kesirat Jogja.

4. Beragam Aktivitas Menarik Bisa Dilakukan

Meskipun tidak menawarkan pasir putih yang indah, ada beragam aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan saat datang ke pantai Gunung Kidul ini. Berikut ini 3 kegiatan utama yang dapat kamu pilih saat di Pantai Kesirat.

1. Berkemah

Camping Pantai Kesirat menjadi aktivitas yang sering dilakukan oleh wisatawan. Kalau kamu ingin menikmati pemandangan sunset maupun sunrise dengan lebih lama, berkemah menjadi kegiatan yang layak kamu coba.

Hamparan rumput yang luas serta angin yang sejuk membuat pantai ini bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk berkemah. Kamu akan merasakan suasana sepi yang tenang dengan langit yang penuh bintang-bintang saat malam hari. 

Selain itu, kamu bisa menyalakan api unggun, menikmati ubi bakar ataupun jagung bakar, dan bersantai menghirup udara malam di sekitar pantai.

2. Memancing

Jika tidak ingin berkemah, kamu bisa mencoba memancing di rock fishing. Namun, kamu perlu membawa alat pancing. Kemudian melemparkan umpan untuk menangkap berbagai jenis ikan.

Memancing di pantai ini membuat kamu bisa merasakan sensasi menangkap ikan menggunakan tarikan yang kuat. Di samping itu, suara ombak yang memecah karang dapat menambah pengalaman memancing yang semakin seru. 

Namun, perlu kamu ingat bahwa tebing ini setinggi 15 meter hingga 30 meter. Oleh karena itu, kamu harus hati-hati. Selain itu, sebaiknya kamu jangan memancing sendirian. Sebab, tebing yang tinggi ini cukup berbahaya.

3. Menikmati Tebing Hijau yang Indah

Kalau kamu tidak ingin berkemah maupun memancing, kamu bisa memilih menikmati tebing hijau indah yang siap memanjakan mata. Deburan ombak dengan panorama tebing yang hijau, menawarkan suasana yang menenangkan hati. Jadi, kamu bisa menyegarkan diri di pantai ini.

4. Lekat dengan Tradisi Budaya

Pantai Kesirat berlokasi di Desa Girikarto. Desa ini memiliki tradisi budaya yang bernama ‘bubuh-bubuh’. Tradisi bubuh-bubuh biasa dilakukan di Pantai Kesirat.

Tradisi ini melambangkan pembersihan harta. Bubuh-bubuh dimulai dengan bersih desa, hingga melarung hasil pertanian. Saat datang ke Pantai Kesirat Jogja, mungkin saja kamu akan menemukan kegiatan ini.

Fasilitas Pantai Kesirat

Tidak hanya keindahan alam yang memukau, tetapi kamu juga akan dimanjakan dengan beragam fasilitas yang memadai. Di bawah ini fasilitas yang tersedia di Kesirat yang akan menambah kenyamanan kamu saat berkunjung.

  • Tempat parkir luas yang aman.
  • Toilet dan kamar mandi yang bersih.
  • Warung-warung yang menjual minuman dan makanan khas Gunung Kidul.
  • Gazebo untuk bersantai dan menikmati pemandangan pantai.
  • Area bermain anak-anak, seperti ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit.
  • Spot foto instagramable dengan background pantai dan perbukitan.
  • Sewa tenda dan sleeping bag untuk kamu yang ingin berkemah di pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Kesirat

Untuk bisa menikmati pemandangan indah dan suasana menyegarkan di pantai ini, kamu perlu membayar tiket masuk. Namun, tenang saja karena harganya masih terjangkau. Berikut harga tiket masuk 

  • Tiket masuk : Rp5.000,00
  • Parkir motor : Rp2.000,00
  • Parkir mobil : Rp5.000,00

Lokasi dan Rute Pantai Kesirat

Pantai Kesirat berlokasi di Karang, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55872. Jaraknya dari pusat kota Yogyakarta sekitar 45 km.

Apabila dari arah Kota Jogja, kamu bisa melintasi Jalan Brigjen Katamso. Kemudian menuju Jalan Imogiri Barat, Jalan Imogiri Siluk, Jalan Siluk Panggang, sampai ke Pantai Kesirat.

Sementara kalau dari arah Solo, kamu bisa lewat Piyungan. Setelah itu, ke arah Playen, Pasar Paliyan, Dusun Saptosari, sampai ke Desa Girikerto.

Kekurangan Pantai Kesirat

Selain memahami kelebihan dan daya tarik pantai di Jogja ini, kamu juga perlu mengetahui kekurangannya. Tujuannya agar saat kamu berkunjung ke sana, memiliki persiapan yang memadai dan tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Secara umum, kekurangannya terletak pada akses jalan yang kurang memadai. Jalan menuju Pantai Kesirat tergolong kecil, apalagi untuk transportasi mobil. Walaupun jalanan sudah diaspal, ada beberapa titik yang menurun dan menanjak tajam. Terutama saat musim hujan, kamu harus lebih hati-hati saat menuju ke Pantai Kesirat.

Selain itu, pantai ini terletak di atas tebing. Jadi, kamu tidak ada kesempatan untuk bermain air di sini. Kamu tidak akan menemukan pantai berpasir di tempat ini. Jika kamu ingin merendam diri di air, kami sarankan untuk beralih ke Pantai Wohkudu yang berdekatan dengan Pantai Kesirat.

Itulah informasi lengkap mengenai Pantai Kesirat. Semoga kamu bisa merasakan pengalaman wisata pantai Jogja yang menyenangkan dan mengembalikan semangat untuk aktivitas sehari-hari.