Pantai Gesing
Pantai Gesing

12 Rekomendasi Pantai Gunung Kidul yang Elok dan Indah

Wisata pantai di Jogja menawarkan pengalaman liburan yang menyenangkan. Kamu bisa berkunjung ke pantai Gunung Kidul untuk menikmati panorama pantai yang elok dan menyejukkan hati. Kalau kamu bingung memilih destinasi pantai yang menarik, kami memiliki rekomendasi pantai Gunung Kidul. Yuk, cek rekomendasi selengkapnya di artikel ini! 

12 Rekomendasi Pantai Gunungkidul

Kamu sudah tak sabar ingin membuat list wisata pantai di sekitar Gunungkidul? Tak perlu menunggu lama lagi, kamu bisa langsung menemukan pantai favoritmu di bawah ini.

Reservasi Custom Tour Harga Fleksibel

Bingung tidak ada paket wisata yang sesuai? Kamu bisa langsung melakukan reservasi cukup dengan menyebutkan jumlah peserta, durasi tour dan destinasi wisata yang kamu inginkan.

1. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Indrayanti. Lokasi pantai ini berada di Ngasem, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55881.

Pantai Indrayanti terkenal karena memiliki pasir putih yang membentang luas sepanjang garis pantai. Selain itu, pantai ini dikelilingi oleh bukit karang yang menambah pemandangannya semakin indah. 

Bicara soal fasilitas, Pantai Indrayanti memiliki fasilitas yang lengkap. Seperti tempat parkir yang luas, tempat makan, musala, toko suvenir, dan lain sebagainya. Tidak heran, pantai ini cukup terkenal di kalangan wisatawan.

2. Pantai Pok Tunggal

pantai pok tunggal

Selain Pantai Indrayanti, kamu bisa berkunjung ke Pantai Pok Tunggal. Pantai ini berada di Pok Tunggal, Jl. Pok Tunggal, Pantai, Tepus, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881.

Pantai Pok Tunggal mendapat julukan “The Hidden Paradise” atau surga yang tersembunyi. Sebab, pantai ini tersembunyi di balik tebing. Selain itu, kata paradise memang cocok untuk Pantai Pok Tunggal. 

Di pantai ini, kamu dapat menikmati pemandangan pantai yang cantik dengan laut jernih dan hamparan pasir putih. Dengan berwisata di Pantai Pok Tunggal, kamu bisa memanjakan mata.

3. Pantai Drini

Pantai Drini Gunungkidul

Pantai Drini bisa menjadi destinasi wisata pantai Gunung Kidul selanjutnya yang bisa kamu kunjungi. Lokasi pantai ini ada di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, masih berdekatan dengan Pantai Baron.

Dibandingkan pantai-pantai lainnya, Pantai Drini memiliki keunikan tersendiri. Saat datang ke pantai ini, kamu akan melihat pulau karang kecil yang lokasinya tidak jauh dari bibir pantai.

Di samping itu, Pantai Drini juga terkenal sebagai pantai yang memiliki dua wajah. Di sebelah barat pantai, kamu dapat menyaksikan perahu-perahu nelayan dan tempat pelelangan ikan sehingga akan terlihat kumuh. Sedangkan di sebelah timur, kamu akan dimanjakan dengan panorama cantik berupa pasir putih, dan perbukitan hijau, dan ombak yang tenang.

4. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan Gunungkidul

Rekomendasi pantai Gunung Kidul selanjutnya, ada Pantai Sadranan yang terletak di Tepus, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55881. Jika Pantai Drini terkenal dengan pulau karang kecilnya, Pantai Sadranan dengan spot snorkeling yang menarik. 

Meski begitu, Pantai Sadranan memiliki beberapa batu karang di sekitar bibir pantai. Batu karang besar itu memiliki fungsi sebagai pemecah ombak. Dengan demikian, kamu akan merasakan ketenangan ombak yang menyejukkan saat tiba di pinggir pantai.

Kalau kamu tidak ingin bermain snorkeling, bisa mencoba bermain kano saja. Sebab, aktivitas mendayung kano ini juga menjadi kegiatan favorit para wisatawan saat berkunjung ke Pantai Sadranan.

5. Pantai Krakal

Pantai Krakal Gunungkidul

Pantai Krakal termasuk pantai Gunung Kidul yang bagus dan menawarkan berbagai keistimewaan. Hamparan pasir putih yang diselingi karang membuat Pantai Krakal sering disebut sebagai pantai yang terindah.

Kamu tidak hanya menikmati keindahan pantainya tetapi juga dapat bermain-main dengan ombaknya. Salah satu ciri khas yang menarik di Krakal adalah kemunculan berbagai jenis ikan hias pada waktu tertentu. 

Ketika air laut surut, ikan-ikan seperti Kepe, Bustum, dan Pogat dengan ukuran besar, serta ikan hias kecil seperti Tliger akan muncul. Fenomena ini sering terjadi bersamaan dengan pertumbuhan lumut saat musim kemarau tiba. Selain itu, jumlah ikan yang muncul cenderung lebih banyak pada awal bulan daripada pada akhir bulan.

6. Pantai Gesing

Pantai Gesing Gunungkidul

Pantai Gunung Kidul yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi adalah Pantai Gesing. Pantai ini terletak di sebuah teluk yang dikelilingi oleh dua bukit menjulang, tepatnya Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133.

Kamu akan menyaksikan hamparan pasir putih dengan ombak yang tenang di Pantai Gesing. Maka tidak heran, membuat pantai ini menjadi tempat yang ideal untuk liburan bersama keluarga. 

Selain itu, bagi kamu yang gemar memancing juga akan menemukan beberapa spot menarik. Terutama, saat kapal-kapal lokal dan dari wilayah sekitar sering berlabuh di pantai ini.

Di Pantai Gesing, kegiatan pelelangan ikan dari nelayan setempat sangat umum. Kehadiran produk ikan ini mendorong banyak warung makan yang menyajikan hidangan olahan ikan.

Jadi, setelah menikmati waktu bermain di pantai, kamu bisa menikmati hidangan ikan bakar segar dari penjual yang berjejer di sekitar pantai ini.

7. Pantai Baron

Pantai Baron Gunungkidul

Rekomendasi pantai Gunung Kidul berikutnya adalah Pantai Baron. Pantai ini berada di Rejosari, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta. Pantai Baron merupakan tempat air sungai bertemu dengan air laut. 

Salah satu ciri khasnya adalah mercusuar tinggi yang disebut mercusuar Tanjung Baron. Mercusuar ini berdiri gagah di puncak bukit karang, sehingga memberikan pengawasan yang kuat terhadap sekitarnya.

Pantai ini memiliki berbagai fasilitas yang beragam, termasuk tempat parkir, tempat makan, pusat oleh-oleh, area bermain anak-anak, dan fasilitas lainnya. Dua barisan batu karang besar juga berfungsi sebagai benteng alami yang kokoh, melindungi pantai dari hempasan ombak Laut Selatan.

8. Pantai Jungwok

Pantai Jungwook Gunungkidul

Ada banyak pantai terbaik di Gunung Kidul yang bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata pantai di Jogja. Salah satunya Jungwong, yang berlokasi Pendowo, Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta.

Pantai Jungwok menawarkan pemandangan alam yang masih asli karena wisatawan jarang berkunjung. Ketika tiba di sana, kamu akan disambut dengan pasir yang terbentang luas, angin yang menyegarkan, serta suara ombak yang menenangkan.

Meskipun pantai ini memiliki pulau karang, pulau tersebut terletak menjorok ke laut. Oleh karena itu, tidak dapat diakses oleh pengunjung.

Ombak di Pantai Jungwok cenderung tidak besar karena tertahan oleh karang-karang. ketika air surut, pengunjung dapat melihat luasnya hamparan karang yang terbentang.

9. Pantai Ngandong

Pantai Ngandong

Pantai Ngandong merupakan Pantai Gunung Kidul yang terletak di Jl. Pantai Sel. Jawa, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881. Di pantai Ngandong ini, kamu akan menemukan pemandangan indah yang menakjubkan.

Gelombang yang tidak terlalu tinggi dan garis pantai yang luas pasti akan menakjubkan dan mempesona mata. Di sepanjang pantai, kamu akan menemukan perahu-perahu nelayan yang berjejer dengan rapi, memiliki desain yang indah dan berwarna-warni. 

Tempat ini sempurna untuk difoto bagi para pecinta fotografi. Pantai ini relatif sepi di hari-hari biasa, sehingga kamu akan merasakan sensasi memiliki pantai pribadi saat mengunjunginya di luar musim liburan.

10. Pantai Slili

Pantai Slili

Pantai Slili merupakan salah satu pantai kecil yang terletak di sepanjang pantai selatan Gunungkidul. Dengan garis pantai kurang dari 100 meter, pantai ini memang tidak terlalu panjang.

Meskipun demikian, keindahan Pantai Slili tidak kalah eksotisnya dengan pantai di Gunungkidul lainnya. Berada di antara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan, Pantai Slili terpisah oleh dua bukit. Lokasi tepatnya berada di Jalan Pantai Krakal, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881.

Walaupun ukurannya kecil, fasilitas yang ada di pantai ini sudah cukup lengkap, termasuk warung kuliner, gazebo, dan toilet. Jadi, kamu bisa merasakan liburan di pantai dengan nyaman.

11. Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan Gunungkidul

Pantai Nguyahan adalah pantai yang berlokasi di Pantai Ngobaran, Gebang, Kanigoro, Kec. Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871. Jarak antara Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan sangat dekat.

Keunggulan utama Pantai Nguyahan adalah keberadaan pantainya yang landai dan tetap bersih. Masih sedikitnya wisatawan yang datang, membuat Pantai Nguyahan menjadi seperti surga yang masih tersembunyi dengan keindahannya.

12. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor Gunungkidul

Kamu ingin menikmati snorkeling dan diving? Cobalah untuk datang ke Pantai Gunung Kidul, khususnya Pantai Nglambor. Lokasi pantai ini berada di Kelurahan Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta.

Dengan mengunjungi Pantai Nglambor, kamu dapat merasakan snorkeling yang menakjubkan. Kamu bisa menikmati pemandangan keindahan alam bawah laut. Mulai dari ikan hias, biota laut, hingga terumbu karang yang cantik. 

Namun, pastikan untuk bertanya kepada pihak Pantai Nglambor terlebih dahulu sehari sebelumnya untuk memastikan ketinggian ombak dan kedalaman air. Tujuannya untuk memastikan kondisinya memungkinkan untuk snorkeling atau tidak.

Demikian rekomendasi pantai Gunung Kidul yang memiliki pemandangan indah dan bisa kamu jadikan sebagai tempat healing. Namun, pastikan untuk tetap memperhatikan cuaca saat berkunjung ke pantai agar liburanmu di pantai menjadi lebih berkesan.