Secret Garden Restaurant
Secret Garden Restaurant

10 Tempat Babymoon di Jogja: Liburan Seru bagi Ibu Hamil

Menantikan kelahiran anak menjadi momen yang mendebarkan, apalagi jika anak pertama. Meski begitu, kamu tetap bisa menunggu kelahiran buah hati dengan menghabiskan waktu bersama pasangan. Babymoon di Jogja menjadi pilihan indah bagi kamu yang ingin merayakan momen manis sebelum kedatangan si kecil. Jogja memiliki keindahan alam, warisan budaya, dan suasana yang tenang, sehingga menawarkan pengalaman istimewa untuk pasangan yang ingin bersantai bersama sebelum memasuki fase baru dalam kehidupan. Di artikel ini, kami telah merangkum destinasi babymoon di Jogja yang bisa kamu datangi.

10 Rekomendasi Tempat Babymoon di Jogja

Meski sedang hamil, kamu tetap bisa menikmati liburan yang memuaskan. Namun, kamu harus lebih cermat dalam memilih destinasi wisata demi keselamatanmu dan calon bayi dalam kandungan. Yuk, cari tahu 10 rekomendasi tempat babymoon di Jogja di bawah ini!

Reservasi Custom Tour Harga Fleksibel

Bingung tidak ada paket wisata yang sesuai? Kamu bisa langsung melakukan reservasi cukup dengan menyebutkan jumlah peserta, durasi tour dan destinasi wisata yang kamu inginkan.

1. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Destinasi sempurna di Jogja untuk babymoon yang pertama adalah Keraton Yogyakarta. Lokasi Keraton Yogyakarta berada di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Di tempat ini kamu dan pasangan bisa berjalan santai mengelilingi keraton. Apalagi, antar spot yang satu dengan yang lainnya jaraknya tidak jauh dan saling berdekatan. Dengan begitu, kamu bisa menikmati suasana dengan nuansa yang kaya akan budaya.

Biasanya, di dalam keraton ada beragam pertunjukan seni. JIka beruntung, kamu bisa menikmati pertunjukan seni tersebut sembari menikmati arsitektur bangunan kuno yang menyimpan cerita sejarah.

Sebagai catatan, Keraton Yogyakarta termasuk destinasi wisata Jogja yang terkenal dan ramai pengunjung. Untuk mengurangi rasa lelah, kamu bisa datang ke keraton pada weekday. Lebih baik, hindari memilih weekend dan hari libur panjang agar tidak terlalu ramai.

2. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Babymoon ke Jogja menjadi pilihan yang menarik. Kamu dapat menikmati wisata sejarah bersama pasangan dengan puas. Salah satunya dengan mengunjungi Benteng Vredeburg. Benteng ini terletak di Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta.

Di dalam benteng ini ada sebuah museum yang mengisahkan peristiwa-peristiwa bersejarah di Yogyakarta semenjak pemerintah kolonial Belanda dan perjuangan Indonesia dalam merebut kemerdekaan.

Menariknya, konsep bangunan di Benteng Vredeburg memiliki jarak antar diorama tidak begitu jauh. Selain itu, ada juga taman dan bangku di tengah. Jadi, kamu bisa duduk untuk istirahat sejenak jika sudah merasa lelah. 

3. Candi Ratu Boko

Momen Sunset di Ratu Boko

Menjelajahi tempat bersejarah memang memberikan kesan romantis, sehingga Candi Ratu Boko menjadi destinasi babymoon di Yogyakarta yang layak kamu pertimbangkan. Daripada ke Candi Prambanan yang sudah pasti ramai pengunjung, kamu bisa menghabiskan waktu bersama suami di Candi Ratu Boko dengan suasana lebih tenang.

Kalau kamu ingin mengunjungi candi bersejarah ini, lebih baik datang di sore hari. Ketika fajar mulai bersembunyi, kamu bisa menyaksikan panorama indah lembayung jingga sunset di balik kemegahan gerbang Istana Ratu Boko.

Selain keindahan yang berpadu sempurna dengan alam yang memukau, trek di Candi Ratu Boko juga ringan. Oleh karena itu, cocok untuk jalan-jalan santai. Lokasi Candi Ratu Boko berada Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

4. Pantai Gesing

Pantai Gesing

Mungkin kamu pernah bimbang, ibu hamil boleh ke pantai atau tidak. Tentu saja, ibu hamil ke pantai tidak masalah. Asalkan, kondisi kehamilan masih aman untuk bepergian. Menurut dr. Cherysa Rifiranda Sp.OG dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Universitas Indonesia, waktu yang aman bagi ibu hamil pergi liburan saat usia kehamilan 14-28 minggu. Nah, kamu bisa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu jika merasa ragu.

Salah satu pantai yang cocok untuk babymoon di Jogja adalah Pantai Gesing. Pantai yang berlokasi di Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini, menawarkan keunikan tersendiri. Sebab, pantai ini terapit oleh dua bukit.  

Bersama suami, kamu bisa menikmati keindahan pasir putih dan menghirup udara pantai yang menyegarkan. Selain itu, ombak di pantai ini tidak terlalu besar. Jadi, ibu hamil di pantai akan merasa lebih rileks. 

5. Heha Sky View

Heha Sky View

Heha Sky View bisa menjadi pilihan yang cocok untuk tempat babymoon di Jogja dengan beberapa pertimbangan, seperti pemandangan yang indah dan fasilitasnya lengkap.

Tempat wisata ibu hamil di Jogja ini menyediakan berbagai aktivitas yang dapat kamu lakukan. Diantaranya, berfoto di spot instagramable, menikmati kuliner, dan berbelanja suvenir.

Untuk mendapatkan pengalaman babymoon yang maksimal, sebaiknya hindari berkunjung pada akhir pekan atau musim liburan. Pada waktu-waktu tersebut, Heha Sky View dapat menjadi lebih ramai.

Pastikan ibu hamil menggunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk menghindari kelelahan. Selain itu, ibu hamil perlu minum air putih yang banyak untuk menjaga hidrasi tubuh.

Perlu kamu garis bawahi, Heha Sky View terletak di ketinggian yang cukup tinggi. Bagi ibu hamil yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti hipotensi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum berkunjung.

6. Hutan Pinus Mangunan

Wisata Jogja: Hutan Pinus Mangunan

Rekomendasi tempat babymoon di Jogja berikutnya adalah Hutan Pinus Mangunan. Lokasinya berada di Jl raya Jl. Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di destinasi wisata alam yang sedang naik daun ini, kamu dapat menghirup udara segar sekaligus memanjakan mata dengan pemandangan yang memukau. 

Di samping itu, kawasan hutan lindung ini juga memiliki fasilitas pendukung yang memadai. Dengan begitu, kamu akan lebih nyaman saat berwisata. 

Tidak hanya itu, Hutan Pinus Mangunan juga telah ditata rapi. Oleh karena itu, cocok untuk kamu jadikan sebagai latar foto dengan tema wisata alam.

7. The Lost World Castle

Ibu hamil butuh liburan itu memang benar adanya. Jangan sampai, kamu merasa stress di rumah yang justru berdampak buruk pada kondisi kehamilan. Kamu bisa merencanakan perjalanan babymoon bersama suami dengan mengunjungi The Lost World Castle.

Destinasi babymoon di Jogja ini menawarkan keindahan kastil ala Eropa. Kamu tidak perlu pergi jauh untuk melihat kemegahan bangunan kastil. Kamu hanya perlu berkunjung ke The Lost World Castle yang berlokasi di Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Saat berkunjung ke kastil ini, kamu juga bisa menyewa kostum. Dengan demikian, kamu bersama suami bisa mengabadikan foto maternity secara sempurna. 

8. Secret Garden Restaurant

Selain mengunjungi wisata sejarah dan pantai, kamu juga bisa menikmati makan malam romantis bersama pasangan di Secret Garden Restaurant. Lokasinya berada di Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.2, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55253.

Secret Garden mengusung konsep eatery outdoor yang cantik dan memukau. Konsep restoran ini memadukan keindahan alam dengan pengalaman bersantap di luar ruangan yang menyegarkan.

Restoran ini juga menawarkan berbagai pilihan menu makanan yang memikat hati. Mulai dari hidangan Asia (mie goreng, mie rebus, nasi goreng, kwetiau penang, iga bakar, sup iga) hingga menu western (spaghetti, fettucini carbonara, aglio o olio, dan berbagai varian steak) yang menggoda. 

Tak hanya itu, tersedia juga berbagai snack dan minuman yang menggugah selera. Mulai dari wedang uwuh, matcha latte, dan lain sebagainya. Dengan suasana yang indah dan pilihan menu yang beragam, kamu bisa menikmati pengalaman bersantap yang romantis bersama suami.

9. Mediterranea Restaurant by Kamil

Mediterranea Restaurant by Kamil

Ada banyak tempat liburan untuk ibu hamil di Jogja. Salah satunya dengan mengunjungi Mediterranea Restaurant by Kamil untuk pengalaman bersantap yang lezat dan menyehatkan. Restoran ini berlokasi di Tirtodipuran St No.24A, Mantrijeron, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55143.  

Dikenal dengan menu mediterania yang sehat dan segar, restoran ini menyajikan hidangan yang kaya akan nutrisi dan rasa. Selain itu, tersedia pilihan makanan yang beragam. Mulai dari salad segar hingga hidangan utama yang ringan dan lezat, sehingga cocok untuk ibu hamil yang memperhatikan asupan makanan.

10. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo

Setelah mengunjungi berbagai tempat wisata, kamu bisa melanjutkan babymoon dengan wisata belanja. Kehamilan tidak seharusnya menghalangimu untuk menikmati liburan belanja. Sebagai alternatif babymoon, kamu bisa menghabiskan waktu dengan berbelanja di Pasar Beringharjo. 

Pasar Beringharjo berlokasi di Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122.

Kamu dapat mencari pakaian batik yang nyaman untuk ibu hamil ataupun oleh-oleh untuk keluarga besar. Pasar Beringharjo termasuk pasar yang lengkap, mulai dari pakaian hingga jajanan pasar semua tersedia. 

Kamu hanya perlu pintar dalam bernegosiasi dengan pembeli untuk mendapatkan harga yang sesuai budget kamu. Sambil menikmati momen ini, kamu juga bisa mencari keperluan baju hamil. Seru, bukan?

Itulah rekomendasi tempat babymoon di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi agar liburan tetap seru dan aman untuk ibu hamil. Namun, pastikan kehamilan di usia trimester kedua (14-28 minggu). Ingin perjalanan babymoon lebih nyaman? Wisatahappy.com sebagai agen perjalanan berpengalaman siap membantu kamu mewujudkan impian perjalanan babymoon yang romantis bersama pasangan.