Studio Foto Sinten Jogja
Studio Foto Sinten Jogja

Foto Baju Adat Jawa di Jogja: Lokasi, Harga, dan Cara Sewa

Sedang mencari jasa foto baju adat Jawa di Jogja? Kali ini WisataHappy.com akan memberikan referensi tempat foto dengan baju tradisional Jawa yang bisa kamu coba ketika berlibur ke Jogja. Foto pakai baju Jawa di Jogja bisa kamu lakukan di studio ataupun di tempat umum seperti Tugu Jogja dan Malioboro. Langsung saja kita bahas wisata Jogja dengan foto baju adat nuansa tempo dulu.

Tapi sebelum membahas secara detail, kami juga ingin menginformasikan bahwa kamu juga dapat menjadikan aktivitas foto baju adat di Jogja menjadi paket wisata bersama kami. Tentu saja paket ini sudah termasuk sewa pakaian, fotografer, dan transportasi sehingga kamu bisa berpindah spot foto.

Reservasi Custom Tour Harga Fleksibel

Bingung tidak ada paket wisata yang sesuai? Kamu bisa langsung melakukan reservasi cukup dengan menyebutkan jumlah peserta, durasi tour dan destinasi wisata yang kamu inginkan.

Studio Foto Baju Adat dan Baju Tradisional di Jogja

Pertama, kita akan membahas studio foto adat Jawa di Jogja yang bisa langsung kamu kunjungi. Lengkap dengan segala aksesoris dan busana pakaian tradisional Jogja, kamu tentunya bisa foto di Jogja pakai kebaya.Tempat yang bisa kamu kunjungi adalah Studio Sinten dan Omah Kecebong untuk foto studio Jogja dengan konsep pakaian tradisional Jogja. 

Studio Foto Sinten

Salah satu tempat yang terkenal adalah Studio Foto Sinten yang memang terkenal sebagai studio foto Jogja tempo dulu. Konsep yang digunakan sebagai tema foto adalah suasana Jogja pada tahun 1920-1950 sehingga menghasilkan foto vintage.

Properti studio foto yang digunakan juga lengkap sesuai dengan karakter yang kamu bangun. Kelengkapan seperti sepeda onthel, caping, pecut, tenggok, tampah, hingga kendi. Untuk ilustrasi lebih jelas berikut hasil foto dengan konsep adat Jawa dan suasana tradisional di Studio Foto Sinten.

Harga Studio Foto Sinten Jogja bervariasi mulai dari Rp250.000 hingga Rp2.000.000 tergantung paket yang kamu ambil. Harga diatas sudah termasuk dengan file foto yang berjumlah 3-5 file dan satu set kostum. Pakaian atau kostum yang ditawarkan sebagai kelengkapan foto diantaranya terdapat pilihan foto formal dan informal.

Kostum Foto Formal:

  • Beskap
  • Surjan Kembang
  • Mandor Tebu

Kostum Foto Informal: 

  • Keseharian Jawa

Untuk bisa berkunjung ke Studio Foto Sinten kamu bisa melakukan booking terlebih dahulu. Sedangkan untuk lokasi Studio Foto Sinten Jogja beralamatkan di Jl. Monjali No.79 Yogyakarta 55284 (Google Maps Studio Foto Sinten). 

Omah Kecebong

Memiliki konsep yang sama dengan Studio Foto Sinten, studio lain yang bisa kamu coba adalah Omah Kecebong. Uniknya kamu bukan hanya foto baju adat Jogja tapi juga bisa melakukan aktivitas lain seperti:

  • BER Gerobag Sapi
  • BER Kuliner Ndeso
  • BER Volkwagen Safari
  • BER Karya BATIK
  • BER Karya Lukis Kipas
  • BER Karya Wayang Suket
  • BER Karya Lukis Caping
  • BER Karya Lukis Totebag
  • BER Jemparingan

Untuk diketahui, Omah Kecebong memberikan istilah BER sebagai nama paket kegiatan. Kegiatan foto baju tradisional di Jogja akan disebut aktivitas BER Busana Jawa. 

Harga paket foto berbusana Jawa dari Omah Kecebong mulai dari Rp200.000 per orang dengan minimal peserta adalah 4 orang. Paket ini sudah include dengan sewa pakaian adat, welcome drink, snack ndeso, photo studio, dan flashdisk.

Sedangkan untuk busana adat Jawa yang bisa kamu pilih adalah Motif Lurik, Motif Kebaya Ndeso, dan Motif Batik Jumputan. Asyiknya adalah semua ukuran baju yang disediakan sangat lengkap mulai dari S, M, L hingga 7XL.

Apabila kamu berminat kamu bisa melakukan booking terlebih dahulu untuk dapat berfoto dengan gaya tempo doeloe di Jogja. Alamat Omah Kecebong sendiri berada di Sendari (Cebongan) Tirtoadi, Mlati Sleman, Yogyakarta, Indonesia 55287 (Google Maps Omah Kecebong).

Tempat Foto Baju Adat di Jogja dengan Fotografer

Selain studio foto, kamu juga bisa foto dengan baju adat tradisional di beberapa titik lokasi favorit Jogja. Khusus untuk spot non studio kamu harus melakukan sewa pakaian adat dan fotografer secara mandiri. Untuk mendapatkan tempat sewa dan fotografer akan kami jelaskan pada bagian cara sewa foto baju adat Jogja.

Berikut WisataHappy.com berikan referensi tempat dan contoh hasil foto pakaian adat Jogja di beberapa titik lokasi di Jogja:

Foto Pakaian Adat Jawa di Malioboro

Kamu bisa menjumpai jasa foto pakaian adat Jogja dengan mudah bila sedang berada di Malioboro. Hal ini karena memang Malioboro menjadi pusat otang yang menawarkan sewa pakaian dan jasa fotografi.

Jika kamu memilih Malioboro sebagai lokasi foto, maka kamu bisa memilih spot foto favorit seperti di sekitar Gedung Kepatihan Yogyakarta atau Gedung Kantor Gubernur DIY, area Kampung Ketandan, Titik Nol KM, dan papan nama Jalan Malioboro.

Foto dengan Kebaya di Tugu Jogja

Untuk mendapatkan pesan yang kuat jika kamu sedang berada di Jogja maka berfoto dengan baju adat Jogja langsung di Tugu Jogja merupakan sebuah keharusan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kami sarankan agar berfoto pada malam hari sehingga minim kendaraan yang melintas. Selain itu, kamu juga tidak perlu berpanas-panasan karena Tugu Jogja merupakan area terubuka.

Foto Pakaian Jawa di Taman Sari

Kemudian jika kamu sedang bersama pasangan, kamu bisa melakukan sesi foto baju adat Jogja di Kompleks Taman Sari.

Tapi kamu harus membayar tiket untuk kamera profesional dan jasa sebesar Rp250.000 jika ingin berfoto di Taman Sari. Hal ini tidak bisa dihindari karena memang sudah regulasi dari pihak pengelola. 

Foto Baju Adat Jogja di Masjid Gedhe Mataram Kotagede

Sedangkan jika kamu menginginkan hasil foto pakaian tradisional Jawa dengan nuansa bangunan kerajaan kamu bisa berfoto di Kompleks Masjid Gedhe Mataram Kotagede.

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah berfoto dengan keluarga ataupun pasangan karena suasana disini lebih teduh dan terdapat banyak spot yang bisa kamu coba.

Cara Sewa Foto Baju Adat Jawa di Jogja 

Berikut ini cara sewa foto baju adat Jawa di Jogja, hal yang harus diketahui adalah kamu harus menemukan penyewaan pakaian dan fotografer secara mandiri. Kamu bisa menemukan jasa sewa baju ataupun fotografer menawarkan jasanya di sepanjang Jalan Malioboro ataupun lokasi lain seperti Tugu Jogja dan Masjid Gedhe Mataram.

Tapi jika kamu menggunakan paket wisata Jogja dari WisataHappy.com kamu sudah bisa berkesempatan foto pakai baju Jawa di Jogja tanpa harus mencari persewaan pakaian dan fotografer.

Jenis pakaian adat yang bisa kamu sewa untuk kostum foto di beberapa titik di antara lain:

  • Beskap
  • Kebaya
  • Baju Lurik
  • Jarik

Tentunya juga terdapat beberapa properti tambahan seperti alas kaki sendal selop, blangkon, keris, slendang, sepeda, dan payung tradisional. 

Terkait dengan harga kamu harus membayar 2 komponen untuk bisa berfoto dengan baju adat pada spot tertentu. Pertama adalah harga sewa pakaian mulai dari Rp50.000 dan harga jasa fotografer yang biasanya dipatok Rp5.000 per foto. Jika ditotal kamu bisa mendapatkan harga Rp150.000 untuk 2 orang dalam sesi foto pakaian adat di Jogja.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang tempat foto dengan baju tradisional Jawa yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke Jogja. Hal terpenting yang perlu kamu catat adalah terkait dengan reservasi dan harga jasa foto.

Jangan sampai kamu datang ke studio terkait secara langsung tanpa reservasi untuk menghindari tidak terlayani dengan baik. Hal ini karena berdasarkan informasi dari Studio Sinten maupun Omah Kecebong sendiri mencantumkan reservasi bukan kunjungan langsung.