Keraton Ngayogyakarta
Keraton Ngayogyakarta

13 Tempat Wisata Jogja untuk Rombongan Terpopuler yang Seru

Berwisata bersama rombongan, baik keluarga, teman, ataupun komunitas, menghadirkan kehangatan dan keceriaan yang tak tergantikan. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata Jogja untuk rombongan guna menciptakan kenangan indah bersama orang-orang terkasih.

Momen kebersamaan ini menciptakan kenangan indah yang akan selalu kamu ingat. Kamu dapat berbagi tawa, cerita, dan pengalaman dengan orang-orang terdekat serta memperkuat rasa persaudaraan dan kekeluargaan. Di bawah ini 13 rekomendasi destinasi wisata Jogja untuk rombongan yang populer dan seru.

Reservasi Custom Tour Harga Fleksibel

Bingung tidak ada paket wisata yang sesuai? Kamu bisa langsung melakukan reservasi cukup dengan menyebutkan jumlah peserta, durasi tour dan destinasi wisata yang kamu inginkan.

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur salah satu warisan dunia UNESCO merupakan tempat yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Jogja. Candi Buddha terbesar di dunia ini menawarkan keindahan arsitektur dan relief yang mengagumkan. 

Bagi rombongan, mengunjungi Candi Borobudur di waktu sunrise bisa menjadi pengalaman berkesan. Ketika matahari terbit, candi ini memamerkan panorama yang memanjakan mata. 

Kamu akan menyaksikan siluet cantik yang muncul di tengah udara pagi. Pemandangan ini menciptakan harmoni yang sempurna antara keagungan alam dan kreasi manusia.

Berkeliling candi sambil mempelajari sejarah dan filosofi yang terkandung di dalamnya, akan menjadi kegiatan edukatif sekaligus mengesankan. Selain itu, kamu juga bisa berburu spot foto di destinasi peninggalan monumental dari masa lalu tersebut.

2. Kraton Yogyakarta

Keraton Ngayogyakarta
Keraton Ngayogyakarta

Kraton Yogyakarta atau Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tidak hanya merupakan tempat tinggal Sultan Yogyakarta, tapi juga telah menjadi pusat kebudayaan Jawa. Meskipun zaman telah berputar menuju modernitas, Keraton Yogyakarta tetap kokoh sebagai benteng tradisi. 

Berbagai kegiatan upacara adat masih dilestarikan, menampilkan warisan budaya yang kaya dan nilai-nilai luhur yang tak lekang oleh waktu. Benda-benda kuno di dalam keraton pun dijaga dengan teliti, menjadi saksi bisu kejayaan masa lalu. 

Keraton Yogyakarta bukan sekadar museum sejarah, melainkan sebuah komunitas hidup yang berpegang teguh pada filosofi dan mitologi leluhur, menjadikannya pedoman dalam kehidupan sehari-hari di tengah arus modernisasi.

Kamu bersama rombongan bisa melakukan tur yang dipandu untuk menjelajahi kompleks keraton, melihat koleksi keraton, dan mempelajari sejarah serta budaya Jawa. Jangan lewatkan juga untuk menyaksikan pertunjukan budaya yang sering diadakan di Bangsal Sri Manganti.

3. Taman Sari

Pintu Gerbang Keajaiban Tamansari
Pintu Gerbang Keajaiban Tamansari

Taman Sari yang dikenal juga sebagai Water Castle adalah bekas taman kerajaan yang memiliki nilai historis dan arsitektur unik. Oleh karena itu, tidak heran Taman Sari menjadi tempat wisata Jogja untuk rombongan yang ramai pengunjung sepanjang tahun.

Saat datang ke Taman Sari, rombongan bisa menjelajahi berbagai bangunan dan kolam renang yang dahulu digunakan oleh keluarga kerajaan. Taman Sari juga menawarkan spot foto yang indah, sehingga menjadikannya lokasi yang sempurna untuk mengabadikan momen perjalanan bersama rombongan.

Di tempat ini, kamu bisa mendengar suara gemuruh dari gemercik air dan menyaksikan keindahan arsitektur kuno yang mempesona. Dengan pemandangan menakjubkan yang ditawarkan, membuat Taman Sari sayang untuk kamu lewatkan.

4. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Sunset di Pantai Parangtritis

Wisata rombongan Jogja menjadi pilihan liburan yang menyenangkan karena kamu bisa membuka peluang untuk mencoba berbagai aktivitas baru dan seru. Kamu ingin liburan bersama rombongan dengan menikmati suasana pantai? Pantai Parangtritis adalah pilihan destinasi yang menarik.

Pantai Parangtritis tidak hanya menawarkan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler, tapi juga cerita mitologi yang kaya. Lebih tepatnya, mitos tentang Nyi Roro Kidul yang kental di setiap sudut pantai.

Rombongan bisa menikmati keindahan pantai dengan bermain layang-layang, berkuda, atau sekedar berjalan-jalan di tepi pantai. Bagi yang mencari tantangan, mencoba naik ATV atau bermain sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo dapat menjadi pilihan aktivitas yang seru.

5. Goa Pindul

Cave Tubing Goa Pindul
Keseruan Kegiatan Cave Tubing Goa Pindul

Bagi rombongan yang menginginkan petualangan alam, Goa Pindul menawarkan pengalaman yang menantang dan menyenangkan. Cave tubing di Goa Pindul hingga mengarungi sungai di dalam goa menggunakan ban pelampung adalah aktivitas yang populer. 

Menyusuri aliran sungai bawah tanah di Goa Pindul menawarkan pengalaman wisata yang unik dan mengesankan. Aktivitas ini cocok dilakukan bersama keluarga, sehingga memberikan kesempatan untuk menjalin kebersamaan dan menciptakan kenangan indah.

Keindahan alam bawah tanah yang mempesona, seperti stalaktit dan stalagmit yang berkilauan, air sungai yang jernih, dan suasana gua yang tenang, akan memberikan pengalaman yang berbeda dari wisata alam pada umumnya.

Dengan demikian, kamu bisa merasakan pengalaman liburan bersama rombongan di Jogja yang menyegarkan dan memuaskan.

6. Malioboro

Wisata Jogja: Malioboro
Malioboro pada Malam Hari

Malioboro menjadi tempat wisata Jogja untuk rombongan yang akan memanjakanmu dengan wisata belanja. Bagaikan surga belanja dan kuliner di Jogja, destinasi ini bisa kamu jadikan sebagai tempat pembelian oleh-oleh.

Rombongan bisa berjalan-jalan menyusuri jalan Malioboro, menikmati keramaian kota, berbelanja oleh-oleh khas Jogja, dan tentunya mencicipi aneka kuliner lezat. Dari gudeg, bakpia, hingga angkringan, Malioboro menawarkan pengalaman kuliner yang beragam.

Di tengah keramaian jalanan, kamu dan rombongan dapat merasakan denyut nadi kota yang tak terhentikan. Aliran energi modern berpadu dengan kekayaan seni dan warisan budaya, sehingga menciptakan atmosfer yang unik dan memikat.

7. Merapi Park

merapi park yogyakarta
Spot Foto Menarik di Merapi Park Yogyakarta

Merapi Park atau The World Landmark Merapi Park, menawarkan pengalaman wisata yang unik dan menarik bagi pengunjung dari segala usia. Di taman ini, rombongan dapat berkeliling dunia dalam sehari dengan melihat replika miniatur landmark terkenal dari berbagai negara.

Bayangkan kamu dapat berdiri di depan Menara Eiffel di Paris, Menara Pisa di Italia, atau Patung Liberty di New York, semua dalam satu tempat! Merapi Park menghadirkan miniatur landmark ikonik ini dengan detail yang menakjubkan, memungkinkan kamu untuk merasakan keagungan dan keindahannya tanpa harus bepergian jauh.

Merapi Park adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Taman ini menawarkan sesuatu untuk semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Kamu bisa menggunakan layanan paket wisata rombongan ke Jogja dari WisataHappy.com. Tersedia beragam pilihan itenary yang dapat kamu sesuaikan dengan preferensi.

8. Hutan Pinus Pengger

Pintu Masuk Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger merupakan wisata Jogja untuk rombongan yang menawarkan suasana alam sejuk dan pemandangan indah. Maka tidak heran, ini menjadikannya tempat ideal untuk bersantai dan melepas penat. 

Hutan Pinus Pengger menawarkan suasana alam yang sejuk dan menenangkan. menjadikannya tempat sempurna untuk bersantai dan melepas penat, duduk-duduk menikmati pemandangan, maupun piknik bersama keluarga dan teman. 

Saat kamu berjalan di antara pepohonan pinus yang menjulang tinggi, kamu akan disambut oleh suara khas dedaunan dan ranting pohon pinus. Gesekan akibat hembusan angin ini membuat suasana di Hutan Pinus Pengger semakin mengesankan.

Selain menikmati suasana alam, rombongan bisa berfoto di spot-spot unik. Seperti tangan raksasa, jembatan kayu, lubang raksasa, hingga rumah pohon. Jika tidak ingin berfoto ria, kamu bisa memilih sekedar berkeliling hutan pinus. 

9. Obelix Hills

Obelix Hills Jogja
Obelix Hills Jogja

Destinasi wisata di Jogja yang bisa kamu kunjungi bersama rombongan selanjutnya adalah Obelix Hills. Tempat wisata dengan pemandangan indah yang cocok untuk berburu sunset dan bersantai bersama keluarga ini menawarkan pengalaman liburan yang luar biasa.

Di Obelix Hills, kamu bisa menikmati panorama alam Yogyakarta dari ketinggian sambil menyantap hidangan lezat di kafe. Tak hanya itu, terdapat 30 spot foto dengan latar estetik yang siap memanjakan kameramu.

10. Tebing Breksi

Tebing Breksi Jogja
Tebing Breksi di Pagi Hari

Tebing Breksi merupakan tempat wisata Jogja untuk rombongan yang menawarkan panorama tebing batu kapur unik dan menawan. Destinasi wisata ini memiliki area yang luas untuk menampung rombongan besar, sehingga cocok kamu datangi bersama rombonganmu.

Dulunya, tempat ini merupakan area penambangan batu alam untuk bahan dekorasi bangunan. Aktivitas penambangan ini telah berlangsung selama bertahun-tahun dan meninggalkan bekas guratan dan pahatan pada tebing, menghasilkan tekstur dan pola yang menarik.

Sejak tahun 2014, aktivitas penambangan dihentikan dan tebing ini disulap menjadi destinasi wisata andalan Desa Wisata Dewi Sambi. Kamu dapat menikmati keindahan tebing dari berbagai sudut pandang, termasuk dari atas tebing yang telah dilengkapi dengan gardu pandang.

11. Museum Dirgantara Yogyakarta

Museum Dirgantara
Museum Dirgantara Yogyakarta

Jelajahi sejarah penerbangan Indonesia di museum ini. Rombongan kamu dapat melihat berbagai koleksi pesawat, helikopter, dan teknologi penerbangan lainnya. Museum ini juga memiliki taman yang luas dan indah, cocok untuk bersantai dan berfoto bersama. 

Museum Dirgantara Yogyakarta menghadirkan sekitar 36 pesawat, didominasi oleh pesawat tempur. Kamu bersama rombongan dapat menjelajahi detail pesawat dan berfoto di depannya. Momen ini dapat menciptakan pengalaman liburan yang edukatif dan menyenangkan bersama keluarga.

12. Heha Sky View

View Heha Sky View Siang Hari
View Heha Sky View Jogja

Kalau kamu ingin menghabiskan waktu bersama rombongan dengan menikmati pemandangan langit yang menakjubkan, Heha Sky View bisa menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Kamu bisa menikmati panorama alam yang menakjubkan dari ketinggian di Heha Sky View. 

Tempat wisata ini menawarkan berbagai spot foto instagramable, seperti gondola, gardu pandang, dan balon udara. Rombongan kamu dapat bersantai di kafe sambil menikmati pemandangan indah dan udara segar.

Dengan memilih tempat wisata yang menarik, kamu bisa menikmati pengalaman liburan yang seru bersama rombonganmu. 

13. Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo
Gembira Loka Zoo Yogyakarta

Jika kamu ingin berlibur bersama keluarga ataupun rombongan anak-anak, memilih tempat wisata edukasi adalah pilihan yang sempurna. Tempat wisata Jogja untuk rombongan ini menawarkan pengalaman wisata edukatif bagi anak-anak. Mereka bisa mengenal secara langsung koleksi satwa yang ada di sana.

Saat datang ke kebun binatang ini, rombongan kamu dapat melihat berbagai hewan mamalia, reptil, dan burung di habitat alaminya. Selain itu, Gembira Loka Zoo juga menyediakan berbagai wahana permainan untuk anak-anak. Jadi, mereka bisa merasakan pengalaman belajar sekaligus bermain.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Jogja yang cocok untuk rombongan. Dengan berbagai pilihan wisata yang menarik, Jogja siap menyambut kamu dan rombongan untuk menikmati liburan yang mengesankan.

Agar perjalananmu semakin mudah dan menyenangkan, percayakan wisata kepada agen travel terpercaya. Yuk, wujudkan rencana perjalanan di Jogja bersama orang-orang terkasih dengan layanan paket wisata dari WisataHappy.com!