View Sumur Gumuling Tamansari
View Sumur Gumuling Tamansari

15 Tempat Wisata Dekat Malioboro Jogja Paling Hits dan Populer

Wisata dekat Malioboro masih menjadi pilihan banyak wisatawan. Pasalnya, Yogyakarta menawarkan aneka destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Kota ini memiliki beragam pesona budaya, sejarah, dan alam eksotis yang mempesona bagi para wisatawan di seluruh Indonesia, bahkan dunia.

Salah satu kawasan yang menjadi ikon Jogja adalah Malioboro. Terletak di pusat kota, Malioboro menawarkan berbagai macam tempat wisata yang menarik untuk kamu kunjungi. Di artikel ini, kami akan membahas 15 rekomendasi tempat wisata di Jogja dekat Malioboro. 

Reservasi Custom Tour Harga Fleksibel

Bingung tidak ada paket wisata yang sesuai? Kamu bisa langsung melakukan reservasi cukup dengan menyebutkan jumlah peserta, durasi tour dan destinasi wisata yang kamu inginkan.

Tempat Wisata Jogja Sekitar Malioboro

Tak perlu berlama-lama lagi, yuk cek 15 rekomendasi destinasi wisata Jogja dekat Malioboro yang bisa kamu datangi bersama orang terkasih maupun seorang diri!

1. Tugu Jogja

Tugu Jogja merupakan simbol kota Yogyakarta yang terletak di tengah jalan di sekitar Malioboro. Tepatnya, berlokasi di Jl. Jend. Sudirman, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233. 

Tugu ini memiliki potensi sejarah yang khas di Jogja. Meskipun lokasinya berada di tengah jalan raya, banyak wisatawan yang mengunjunginya untuk sekadar berfoto, baik di siang hari maupun malam hari.

2. Keraton Yogyakarta

Selanjutnya, kamu bisa berkunjung ke Keraton Yogyakarta. Objek wisata yang merupakan istana resmi Sultan Hamengkubuwono ini telah menjadi pusat kebudayaan Kerajaan Yogyakarta.

Wisatawan dapat mengunjungi keraton ini untuk melihat arsitektur tradisional Jawa, koleksi seni, dan mengenal lebih dekat sejarah kerajaan. Sementara tiket masuknya, wisatawan dewasa sebesar Rp15.000,00, anak-anak Rp10.000,00, dan wisatawan asing Rp25.000,00.

Lokasinya berada di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Taman Sari

Pernahkah kamu mendengar asal mula tempat wisata Taman Sari? Mulanya, Taman Sari adalah kompleks istana yang digunakan sebagai tempat rekreasi dan tempat mandi para sultan. 

Bila kamu datang ke lokasi ini, kamu bisa menjelajahi dan mengeksploitasi secara leluasa kompleks bangunan, kolam, dan terowongan yang menarik. Taman Sari juga memiliki sejarah yang menarik terkait dengan kehidupan kerajaan.

4. Benteng Vredeburg

Destinasi wisata Jogja dekat Malioboro selanjutnya, Benteng Vredeburg. Bekas benteng peninggalan kolonial Belanda yang dibangun pada 1970 ini kini berfungsi sebagai museum sejarah.

Lokasinya berada di Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122. Untuk tiket masuknya, pengunjung dewasa harus membayar tiket Rp3.000,00, anak-anak Rp2.000,00, dan turis asing Rp10.000,00.

Wisatawan dapat mengunjungi museum ini untuk melihat koleksi artefak dan benda-benda peninggalan perjuangan rakyat Indonesia.

5. Museum Sonobudoyo

Kalau kamu penggemar wisata sejarah, mengunjungi Museum Sonobudoyo dapat menjadi opsi yang menarik. Lokasi Sonobudoyo Museum New Building berada di Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta.

Museum Sonobudoyo merupakan museum etnografi dan sejarah yang menyimpan lebih dari 25.000 koleksi benda-benda seni dan budaya Jawa. Wisatawan dapat menjelajahi museum ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang budaya Jawa dan sejarah Yogyakarta.

6. Alun-Alun Kidul

Merupakan alun-alun yang terletak di selatan Keraton Yogyakarta yaitu Alun-Alun Selatan atau juga sering disebut dengan Alun-Alun Kidul. Tempat yang berlokasi di Patehan, Kraton, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta ini terkenal dengan dua pohon beringin yang diyakini memiliki energi mistis. 

Saat datang ke Alun-Alun Kidul, kamu dapat berjalan-jalan di sekitar alun-alun, bermain kembang api, atau mencoba permainan tradisional seperti bersepeda terbalik.

7. Malioboro Mall

Wisata Jogja dekat Malioboro selanjutnya, Malioboro Mall. Pusat perbelanjaan ini terletak di sepanjang Jalan Malioboro, tepatnya di Mataram St No.31, Suryatmajan, Danurejan, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55213. 

Kamu dapat berbelanja di sini untuk mencari oleh-oleh khas Jogja, pakaian, kerajinan tangan, dan kuliner lokal. Di samping itu, mal ini juga sering menjadi tempat pertunjukan seni dan budaya. Jadi, ada banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan di Malioboro Mall.

8. Pasar Beringharjo

Kalau kamu sudah bosan dengan suasana mall, pasar tradisional dapat menjadi opsi wisata belanja yang cocok. 

Pasar Beringharjo adalah pasar tradisional yang terletak di sebelah barat Keraton Yogyakarta. Tepatnya berada di Pasar Beringharjo timur Lt. 3, dekat parkiran, Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122.

Pasar ini menjual berbagai macam barang, mulai dari pakaian, kerajinan tangan, makanan, dan bahan makanan tradisional. Kamu sebagai wisatawan dapat merasakan suasana pasar tradisional yang ramai dan berinteraksi dengan pedagang lokal.

9. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta termasuk salah satu taman bermain interaktif yang cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga. Lokasi Taman Pintar Yogyakarta berada di Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122.

Ketika berwisata ke Taman Pintar, kamu punya peluang untuk belajar sambil bermain melalui berbagai macam permainan dan eksperimen ilmiah yang menarik. Selain itu, taman ini juga menyelenggarakan berbagai macam acara dan pertunjukan seni. Harga tiket setiap wahana Taman Pintar berbeda, mulai dari Rp8.000,00.

10. Museum Affandi

Berikutnya, Museum Affandi adalah tempat wisata di Jogja dekat Malioboro berikutnya yang bisa kamu kunjungi. Museum seni ini didedikasikan untuk karya-karya pelukis terkenal Indonesia, yaitu Affandi. 

Kalau kamu mengunjungi Museum Affandi, kamu memiliki kesempatan untuk dapat melihat koleksi lukisan dan patung Affandi, serta mengunjungi studio tempat dia bekerja. 

Museum ini juga memiliki taman yang indah yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Sedangkan tiket masuknya, sebesar Rp20.000,00 per orang.

Salah satu tempat wisata di Jogja yang dekat dengan Malioboro adalah Jogja Gallery. Terletak di Jalan P. Mangkubumi, Jogja Gallery merupakan pusat seni dan budaya yang menawarkan pameran seni, pertunjukan musik, dan berbagai kegiatan seni lainnya. 

Jika kamu tipe orang pencinta seni, di Jogja Gallery kamu bisa menikmati karya seni yang indah dan mengenal lebih dalam tentang seni dan budaya kota Yogyakarta. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp25.000,00.

12. Jogja National Museum

Jogja National Museum merupakan museum yang terletak di Jalan Prof. Ki Amri Yahya, dekat dengan Malioboro. Museum ini memiliki koleksi seni dan artefak yang sangat beragam, termasuk lukisan, patung, dan benda-benda bersejarah lainnya.

Kamu dapat mengunjungi museum ini untuk mempelajari sejarah dan budaya Jogja secara lebih mendalam. Menariknya, kamu tidak akan dikenai biaya masuk alias gratis saat datang ke museum seni yang menawarkan gaya kontemporer ini.

13. Titik Nol Kilometer Jogja

Titik Nol Yogyakarta
Titik Nol KM Malam Hari

Jika kamu ingin mengetahui titik pusat kota Jogja, kamu bisa mengunjungi Titik Nol Kilometer Jogja. Wisata Jogja dekat Malioboro ini berlokasi di Jl. Pangurakan No.1, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122. Terletak di persimpangan Kantor Pos Besar, tempat ini merupakan lokasi yang sangat strategis di kota Yogyakarta. 

Saat datang ke tempat ini, kamu dapat melihat patung Tugu Yogyakarta yang menjadi ikon kota ini. Di samping itu, area sekitar Titik Nol Kilometer juga merupakan tempat yang ramai dengan pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas Jogja.

14. Museum Kereta Kencana

Destinari museum lainnya adalah Museum Kereta Kencana yang merupakan museum yang terletak di Jalan Margo Utomo, Tegalrejo, Yogyakarta. Museum ini menampilkan koleksi kereta kencana yang digunakan oleh Sultan Yogyakarta pada masa lalu. Ada pula kereta yang pernah digunakan oleh Pangeran Diponegoro.

Jika bertandang ke Museum Kereta Kencana ini, kamu cukup membayar Rp5.000,00 untuk tiket masuk dan Rp1.000,00 untuk biaya izin foto. Setelah itu, dapat melihat berbagai macam kereta kencana yang dipajang dengan indah. Museum ini juga menyediakan panduan yang akan menjelaskan sejarah dan makna di balik setiap kereta kencana yang dipamerkan.

15. Situs Warungboto

Merupakan sebuah situs peninggalan sejarah yaitu Situs Warungboto yang terletak di Jalan Kemetiran, Warungboto, Yogyakarta. Situs ini merupakan kompleks pemakaman yang diperkirakan berasal dari abad ke-9 hingga ke-10 Masehi. 

Di Situs Warungboto, kamu dapat melihat berbagai makam dan arca yang menjadi bukti keberadaan kerajaan-kerajaan kuno di Jogja. Selain itu, situs ini juga memiliki pemandangan indah dan suasana yang tenang, cocok untuk berjalan-jalan santai atau sekadar beristirahat sejenak dari keramaian kota.

Untungnya, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk bisa masuk ke Situs Warungboto. Pasalnya, tiket masuk untuk pengunjung ini adalah gratis.

Itulah 15 rekomendasi wisata dekat Malioboro Jogja yang dapat kamu kunjungi. Dari wisata sejarah, budaya, perbelanjaan, hingga alam, Jogja menawarkan berbagai macam pengalaman menarik bagi para wisatawan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat ini saat berlibur di Yogyakarta. Untuk mempermudah liburanmu kami juga menyediakan layanan transportasi Jogja seperti bus dan mobil. Selamat berwisata!